KCIC Sebut Kecelakaan di Bandung Barat Bukan Rangkaian Kereta Cepat, tapi...

- Senin, 19 Desember 2022 | 14:02 WIB
Proses evakuasi bangkai kereta teknis yang mengalami kecelakaan di Campaka Mekar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).
Proses evakuasi bangkai kereta teknis yang mengalami kecelakaan di Campaka Mekar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengungkapkan bahwa kecelakaan yang terjadi di area proyek yang berada di Desa Campaka Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, adalah terkait kereta kerja atau kereta teknis.

Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry mengatakan kereta yang keluar dari jalur atau anjlok itu merupakan kereta kerja berupa lokomotif, dan mesin pemasangan rel. Sehingga bukan merupakan rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung, adapun kecelakaan itu terjadi pada Minggu (18/12/2022) petang.

"Proses evakuasi sudah berlangsung sejak Minggu malam dan masih berlangsung hingga pagi ini," kata Rahadian Ratry dalam keterangannya sebagaimana disadur dari Antara, Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Kereta Teknis di Proyek KCJB Anjlok, KCIC: Masih di Investigasi

Sejauh ini, kata dia, ada dua orang korban luka yang sudah menjalani perawatan di Rumah Sakit Santosa Bandung. Sedangkan menurutnya ada dua orang lainnya yang mengalami luka ringan sudah diperbolehkan pulang.
 
Dia memastikan pihaknya melakukan koordinasi bersama dengan pihak terkait, termasuk dengan pihak yang berwenang melakukan investigasi atas kejadian tersebut.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat Kombes Pol Yani Sudarto menyebut ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, kata dia, polisi pun masih mengidentifikasi jumlah korban di rumah sakit.

"Untuk kronologisnya masih penyelidikan, dugaan penyebab kecelakaan juga belum tahu soalnya masih lidik," jelas Yani.

Baca Juga: KCIC Pastikan Konstruksi Kereta Cepat Tidak Terpengaruh Pencurian 118 Ton Besi Proyek

Adapun kejadian kecelakaan kereta kerja dan mesin pemasang rel untuk proyek kereta cepat itu terekam dalam video berdurasi 16 detik yang tersebar di media sosial.

Dalam video tersebut, tampak kereta kerja yang berwarna hijau keluar dari rel, kereta tersebut pun bergandengan dengan mesin pengangkut rel. Kemudian itu mesin pengangkut rel itu pun tampak menabrak pinggir area proyek.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X