WNI Hidup di Tengah Corona Amerika: Rindu Tanah Air hingga Sulit Cari Beras

- Minggu, 3 Mei 2020 | 16:45 WIB
Mahasiswa Indonesia di Amerika, Elia Temorubun (Dok Pribadi)
Mahasiswa Indonesia di Amerika, Elia Temorubun (Dok Pribadi)

Hidup di negeri orang di tengah pandemi virus corona yang tengah merebak tentu bukan hal yang mudah. Hal itu banyak dirasakan oleh para warga negara Indonesia (WNI) di berbagai belahan dunia. 

Salah satunya dirasakan oleh Elia Temorubun yang kini tengah menempuh pendidikan Magister di University of South Florida, Amerika Serikat. Elia mengaku khawatir karena tempat tinggalnya kini di Florida cukup tinggi jumlah kasus positif virus corona. Kondisi ini membuatnya harus lebih esktra menjaga kebersihan dan mempraktikan physical distancing untuk meminimalisir kemungkinan terjangkit virus tersebut. Hal ini kemudian membuat Elia merasa berat menjalani hari-harinya di tanah rantau dan merindukan Tanah Air.  

"Dalam beberapa hari belakangan terasa berat untuk dilalui karena pola hidup yang kemudian terganggu dan social distancing yang membuat saya semakin merindukan keluarga di Indonesia," kata penerima beasiswa LPDP itu kepada Indozone, Minggu (3/5/2020). 

Meski demikian, pria asal Papua ini bersyukur bisa mengobati rasa rindunya terhadap keluarga dan teman-temannya berkat bantuan teknologi. Ia tetap berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman di tengah pandemi virus corona

"Salah satu hal yang sangat membantu dalam melewati masa-masa social distancing ini dengan melakukan group zoom call bersama teman-teman sesama penerima beasiswa LPDP yang saat ini sedang menempuh perkuliahan di berbagai kampus di Amerika," katanya. 

Tantangan berikutnya yang  dirasakan Elia selain rindu Tanah Air yaitu harus memenuhi kebutuhan hidup di tengah pandemi virus corona ini. Ia mengaku sempat mengalami kesulitan mendapatkan beras di supermarket pada awal Maret lalu. Namun saat ini ketersediaan barang sudah kembali normal. Barang lainnya yang sulit dicari di daerah tempat tinggalnya yaitu tisu toilet dan hand sanitizer. Namun hal itu bukan kendala berarti, yang terpenting baginya kebutuhan pokok masih selalu tersedia. 

-
Elia Temorubun berada di supermarket dekat apartemennya di Florida (Dok Pribadi)

Di Florida sendiri, kata Elia, social distancing dipatuhi oleh hampir sebagian besar warganya. Walaupun di saat liburan musim semi pada Maret lalu, Florida sempat menjadi sorotan karena maraknya aktivitas wisatawan yang berlibur di pantai. Sebab Florida merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. 

Saat ini, industri pariwisata yang merupakan andalan dari negara bagian Florida, merasakan dampak yang sangat besar. Berbagai tempat hiburan, seperti hotel, theme park, restoran, kasino, bar, dan berbagai tempat usaha lainnya tidak beroperasi selama merebaknya wabah Covid-19 ini. 

Artikel menarik lainnya

Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan Mobil Supercar McLaren di Tol Jagorawi

Perawat RSPI Meninggal Akibat Corona, Dirut: Kami Kehilangan

Pemerintah Diminta Hati-hati dan Tak Terjebak Perang Tiongkok-Amerika Saat Ini

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X