Dinkes Aceh Barat: Corona Bisa Sembuh dengan Rajin Berwudhu

- Rabu, 4 Maret 2020 | 10:57 WIB
Ilustrasi orang sedang berwudhu. (Muslim Kit)
Ilustrasi orang sedang berwudhu. (Muslim Kit)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah mengungkapkan, virus corona bisa sembuh jika seseorang bisa menjaga kebersihan.

Menurutnya, hal ini bisa dilakukan dengan memakai masker dan menghindari kontak dengan orang banyak saat berada di tempat umum.

-
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

“Bagi umat muslim, asalkan rajin berwudhu, virus corona bisa sembuh. Malah mungkin tidak bisa terpapar karena kita selalu dalam keadaan bersih (wudhu) dan rajin cuci tangan setiap saat,” kata Syarifah Junaidah di Meulaboh, Rabu (4/3/2020).

Syarifah menjelaskan, virus corona sebenarnya tak perlu dikhawatirkan jika masyarakat mendapatkan edukasi yang benar serta cara mencegahnya.

Pencegahan ini kata Syarifah bisa dilakukan dengan menghindari menyentuh bagian mulut, hidung atau mata menggunakan tangan setelah berjabat tangan atau beraktivitas di luar ruangan, serta selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Selain itu kata Syarifah, virus corona bisa dicegah dengan sering menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan sanitizer.

-
Ilustrasi orang mencuci tangan untuk cegah penyebaran virus corona. (Pexels/Burst)

Tak hanya dari segi kebersihan fisik, virus corona juga dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat. 

Masyarakat juga diimbau untuk mengonsumsi makanan yang halal dan menghindari makanan tidak higienis atau setengah matang.

"Apabila masyarakat mengalami flu, demam atau memiliki gejala yang tidak sehat, segera menghubungi petugas medis terdekat untuk memeriksakan kesehatan. Jangan lupa selalu mengenakan masker agar flu tidak menyerang warga lainnya,” ujar Syarifah.

Syarifah menjelaskan, satu hal yang paling penting dan tak boleh dilewatkan ialah selalu berdoa pada Allah SWT, agar selalu diberikan perlindungan dan terhindar dari penyakit yang tak diinginkan.

“Kalau di Aceh ada yang namanya kegiatan zikir seribu, ini juga bisa diikuti, karena dengan berzikir, kita akan selalu dekat dengan sang pencipta dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Intinya tidak perlu risau dengan ancaman virus corona ini,” sambungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X