Potret Menjelang Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara

- Rabu, 7 Agustus 2019 | 15:16 WIB
REUTERS/ FAYAZ AZIZ
REUTERS/ FAYAZ AZIZ

Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban diperingati umat muslim di seluruh dunia. Perayaan Idul Adha biasanya ditandai dengan jutaan umat muslim dunia melakukan haji ke Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

-
REUTERS/MOHSIN RAZA

Dalam perayaan ini, seluruh umat muslim akan melaksanakan salat Id berjamaah di masjid-masjid atau lapangan luas.

Setelah menggelar salat berjamaah, perayaan Idul Adha akan dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban seperti kambing, domba, onta, sapi, dan kerbau.

-
REUTERS/HAYAM ADEL
-
REUTERS/HAYAM ADEL

Pemotongan hewan kurban di Indonesia menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu saat Idul Adha. Namun, bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di negara-negara lain, seperti di Pakistan dan Mesir.

-
REUTERS/HAYAM ADEL

Menjelang perayaan Idul Adha pada 11 Agustus mendatang, sejumlah penduduk di Peshawar, Pakistan sudah mulai bersiap-siap. Satu persatu warga terlihat mulai ramai membeli hewan kurban di sebuah pasar ternak.

-
REUTERS/FAYAZ AZIZ

Para pedagang mulai menaikkan unta ke atas truk setelah berjualan di pasar hewan yang disiapkan untuk Idul Adha. Beberapa pedagang lainnya juga terlihat mulai menurunkan sapi-sapi ternak.

-
REUTERS/AKHTAR SOOMRO
-
REUTERS/ HAYAM ADEL

Tak jauh berbeda dengan Pakistan, di Mesir para pedagang mempertajam pisau dengan batu asah, setiap harinya hingga perayaan Idul Adha tiba. Mereka melakukannya sembari menunggu para pembeli hewan kurban di pasar hewan.

-
REUTERS/HAYAM ADEL
-
REUTERS/HAYAM ADEL

Bahkan, para pedagang harus berjaga berhari-hari dari pagi hingga malam menunggu para pembeli datang untuk membawa sapi, onta, kambing, dan domba yang mereka jual untuk keperluan Idul Adha.

-
REUTERS/AKHTAR SOOMRO

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X