Wabah Virus Korona, WNI yang Masih di Tiongkok Perlu Jaga Diri

- Sabtu, 1 Februari 2020 | 15:22 WIB
 Suasana malam hari di Wuhan, Tiongkok (Unsplash.com/@lurenjiasworld)
Suasana malam hari di Wuhan, Tiongkok (Unsplash.com/@lurenjiasworld)

Virus korona dikhawatirkan menjadi wabah penyakit baru di dunia. Penyebaran pertamanya terjadi di Wuhan, Tingkok. Ratusan orang dirawat akibat virus tersebut.

Kondisi tersebut membuat pemerintah mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Tiongkok. Sebanyak 245 akan kembali ke Tanah Air.

Dilaporkan, ada beberapa WNI yang belum bisa dievakuasi dari Wuhan. Hal itu karena kebijakan pemerintah Tiongkok, terpaksa mengisolasi Wuhan demi menghindari penyebaran lebih luas.

Beruntungnya, berdasarkan pemantauan KBRI Beijing, tidak terdapat masyarakat Indonesia yang terjangkit virus korona, seperti diwartakan Indozone, Sabtu (1/2/2020), dari siaran pers yang dikeluarkan KBRI di Tiongkok.

-
Ilustrasi (REUTERS/Thomas Peter)

Sehubungan dengan hal tersebut, sesuai dengan himbauan Kementerian Kesehatan RI, KBRI Beijing mengimbau kepada seluruh Masyarakat Indonesia di wilayah Tiongkok untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 

  • Bagi seluruh masyarakat yang berada di Wuhan atau sedang melakukan perjalanan ke Wuhan agar selalu memperhatikan kondisi kesehatannya dan segera melakukan konsultasi medis apabila merasa tidak sehat dan menunjukkan gejala-gejala demam, batuk dan sulit bernafas.
  • Menghindari kontak dengan hewan hidup termasuk unggas dan burung, dan menghindari konsumsi daging mentah dan kurang matang.
  • Menghindari berkunjung ke pasar Ikan atau makanan laut atau tempat penjualan hewan hidup.
  • Menghindari untuk berinteraksi dengan orang dengan gejala demam, batuk, dan sukar bernafas atau jatuh sakit dengan gejala yang sama dengan pneumonia, ciri-ciri orang yang terkena virus korona mirip dengan pneumonia.
  • Selalu menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker apabila sedang batuk dan pilek, dan menutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin. 

Semua itu dilakukan untuk mencegah terinfeksi virus korona!


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X