Semarang Night Carnival Tahun Ini Tampil Beda, Jadi Pembuka Event Semarak Jejak Kreatif

- Jumat, 12 Mei 2023 | 21:00 WIB
Penyelenggaraan Semarang Night Carnival (SNC) akan hadir berbeda di tahun ini, karena akan menjadi pembuka event Semarak Jejak Kreatif 2023.
Penyelenggaraan Semarang Night Carnival (SNC) akan hadir berbeda di tahun ini, karena akan menjadi pembuka event Semarak Jejak Kreatif 2023.

Penyelenggaraan Semarang Night Carnival (SNC) akan hadir berbeda di tahun ini. Sebab, event tahunan ini akan menjadi pembuka event Semarak Jejak Kreatif 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso Poespojoedho menuturkan, Semarak Jejak Kreatif 2023 merupakan acara baru hasil kolaborasi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dinas Kepemudaan Olah raga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang.

"Kali ini (Semarang Night Carnival) ada sedikit perbedaan, kegiatan akan dilaksanakan pada Jumat, 19 Mei 2023. Nanti akan dirangkaikan sebagai opening event dari Semarak Jejak Kreatif 2023, yang merupakan event baru," kata Wing Wiyarso di Gedung Pandanaran, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga: Karnaval Bollywood di Prancis, Bule-bule Pakai Kostum dan Menari India

Semarang Night Carnival termasuk dalam rangkaian acara guna memperingati Hari Jadi Kota Semarang yang ke-476. Acara tahunan yang sudah berlangsung selama 13 kali ini akan berlangsung meriah karena dipadukan antara seni tari, seni drama dan kostum karnaval.

Adapun tema yang akan diangkat pada gelaran SNC tahun ini adalah "The Luxury", yang memiliki arti kemewahan, keindahan dan kenyamanan. Keris, Chandelier, Kipas, dan Lotus menjadi sub tema pada pagelaran kali ini.  

Wing Wiyarso mengatakan, acara SNC tahun ini menjadi momentum untuk mengangkat kembali akulturasi budaya Kota Semarang sebagai sejarah peninggalan masa lampau.

Baca Juga: Kota Semarang Raih Prestasi Terbaik Nasional Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

"Kita paham kota Semarang memiliki keberagaman budaya sebagai peninggalan sejarah masa lampau yang dulu kala sebagai kota bandara raya. Di mana pada saat itu terdapat jalur rempah, jalur gula, maupun jalur sutra semua pusat perdagangan, bertransaksi di kota Semarang, khususnya di Kawasan Kota lama," terangnya.

"Ada 120 peserta dari berbagai unsur pelajar, mahasiswa atau masyarakat umum. Dan sekitar kurang lebih 40 kepala OPD akan mengikuti dengan mengenakan kostum masing-masing dengan sub tema yang sudah kita angkat. Semua peserta akan memperebutkan berbagai macam penghargaan," sambungnya.

Persiapan acara akan dilaksanakan mulai 17 Mei 2023 dengan melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto. Mengingat, Jalan Letjen Suprapto akan digunakan sebagai lokasi SNC hingga titik akhirnya akan berada di Taman Titik Nol Kilometer kota Semarang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X