Ternyata Ada Makna Filosofis Pengumuman Ganjar Pranowo Capres PDIP di Hari Jumat

- Senin, 24 April 2023 | 20:56 WIB
Megawati Soekarnoputri memberikan kopiah kepada usai menyatakan Ganjar Pranowo capres 2024 dari PDIP. (Dok. PDIP)
Megawati Soekarnoputri memberikan kopiah kepada usai menyatakan Ganjar Pranowo capres 2024 dari PDIP. (Dok. PDIP)

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, pengumuman Ganjar Pranowo sebagai capres 2024, yang bertepatan pada Jumat 21 April 2023, merupakan keinginan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Menurut Hasto, sudah menjadi kebiasaan Megawati mengumumkan nama bacapres PDIP pada hari Jumat. Terlebih, Proklamasi 17 Agustus 1945, juga dilakukan hari Jumat.

Baca Juga: Megawati Beri Ganjar Kopiah, Hasto Kasih Kode Kerja Sama Politik dengan Kalangan Religius

"Ya itu kan diumumkan melalui suatu protokol partai, ada lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, memohon Rahmat Yang Maha Kuasa, berdoa bagi para pahlawan bangsa, kemudian di hari yang khusus dan ternyata sudah kehendak Tuhan Yang Maha Esa, Ibu Mega mendeklarasikan capres pada hari Jumat," kata Hasto kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (24/4/2023). 

"Ibu Mega itu ternyata setiap mengumumkan capres di hari Jumat, Proklamasi 17 Agustus itu pada Jumat sehingga itu sesuatu yang betul-betul bulat, kesadaran yang bening," imbuhnya. 

Hasto menyampaikan, pengumuman nama Ganjar oleh Megawati berdasarkan pertimbangan akal budi dan mata hati.

Serap Aspirasi

Dia menyebut, sebelumnya Megawati juga menyerap aspirasi dan berdialog dengan seluruh para tokoh-tokoh nasional. Termasuk Presiden RI Joko Widodo, Prananda Prabowo dan Puan Maharani. 

"Bahkan bu Mega mengatakan berdasarkan pertimbangan akal budi dan mata hati setelah menyerap berdialog dengan seluruh para tokoh-tokoh nasional termasuk Jokowi, mas Prananda, mbak Puan, serap aspirasi rakyat kemudian diambil keputusan sehingga kalau bu Mega udah ambil keputusan ini tidak akan berubah meskipun matahari terbit dari barat," tutur Hasto. 

-
Ganjar Pranowo. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

 

Jaga Momentum

Sementara di sisi lain, Hasto menyebut para kader PDIP terus menjaga momentum usai Megawati mengumumkan bacapres Ganjar Pranowo. 

Momentum tersebut, lanjut dia, seluruh kader kompak memasang bendera PDIP berlambang banteng moncong putih di masing-masing di halaman kantor partai. 

"Seluruh momentum di dalam pencalonan calon presiden yang sudah ditetapkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada hari Jumat tanggal 21 April momentum itu terus kami jaga,” ucap Hasto.

“Hari ini kami memantau bahwa seluruh pengurus PDI Perjuangan di seluruh Indonesia telah memasang bendera partai di halaman masing-masing, bendera moncong putih sebagaimana menjadi perintah harian ibu ketua umum," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X