Akhir Pelarian Musso, Tokoh PKI Kejam yang Tewas Tertembak di Sumur Tua Ini!

- Rabu, 28 September 2022 | 14:52 WIB
Sumur tempat Musso, pemimpin PKI tewas. (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)
Sumur tempat Musso, pemimpin PKI tewas. (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)

Tidak banyak orang tahu bahwa petinggi Partai Komunis Indonesia (PKI) Munawar Muso tewas di Ponorogo pada 1948 silam. Di Bumi Reyog ini menjadi tempat pelarian terakhir salah satu tokoh PKI, Musso.

Muso ditembak hingga tewas di salah satu sumur milik warga bernama Sidik di Desa Semanding, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo. Sebelum tewas Muso bersembunyi di kamar mandi milik warga. 

-
Jejak PKI di Ponorogo. (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)

Z Creators, Pramita Kusumaningrum menelusuri lokasi bersejarah tersebut. Lokasinya sekitar 10 kilometer dari pusat kota Ponorogo. Jejak yang masih ada adalahkamar mandi sumur milik almarhum Sidik. 

Sumur tersebut hingga sekarang sengaja tidak diubah. Pemiliknya sengaja tidak merenovasi karena untuk mempertahankan nilai sejarah tersebut. 

“Masih banyak yang ke rumah almarhum Mbah sidik. Kadang anak sekolah. Mereka belajar sejarah,” ujar Suparman, Kepala Desa Semanding, Rabu (28/9/2022).

-
Kamar mandi tempat Musso, pemimpin PKI tewas. (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)

Dia menjelaskan dari cerita turun menurun bahwa Muso saat itu dalam pelarian dari Kota Madiun saat pemberontakan PKI kemudian lari ke Ponorogo.

Dalam pelariannya itu, dia menggunakan delman yang dijarah di daerah Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Saat di Desa Semanding, Kecamatan Kauman, Musso bertemu tentara Siliwangi.

-
Jejak Musso pemimpin PKI tewas. (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)

Di kamar mandi sumur milik Sidik, Musso bersembunyi. Menurutnya orang tua Sidik merupakan orang pertama dan mengetahui kalau Muso bersembunyi di kamar mandi miliknya.

“Muso tertembak karena ketahuan bersembunyi di kamar mandi atau sekitar sumur itu. Lalu Muso dibawa ke rumah sakit yang berada di pusat kota,” katanya

Sumur tua yang ada di Ponorogo ini menjadi saksi mata kekejaman PKI sekaligus tewasnya Musso.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X