The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ada Taman Jepang di Tengah Kota Istanbul, Vibe-nya Mirip dengan Negeri Matahari Terbit
Taman Jepang Baltalimani di Istanbul, Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)
Travel

Ada Taman Jepang di Tengah Kota Istanbul, Vibe-nya Mirip dengan Negeri Matahari Terbit

Jumat, 23 September 2022 10:26 WIB 23 September 2022, 10:26 WIB

INDOZONE.ID - Selat Bosphorus di Kota Istanbul, Turki, menjadi tujuan wisata para turis terpopuler. Sepanjang tepian selat, berderet monumen bersejarah, bangunan ikonik, permukiman crazy rich dan sejumlah destinasi healing. Salah satunya Taman Jepang Baltalimani. 

Taman Jepang diresmikan bulan November 2003. Bertepatan dengan 30 tahun persahabatan antara pemerintah Istanbul dan Shimonoseki, Prefektur Yamaguchi, Jepang. Tahun 1972, kedua kota ini menandatangani perjanjian Sister City (Kota Kembar). 

taman jepang
Festival sakura di Taman Jepang Baltalimani, Istanbul, Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Taman seluas 6.137 meter persegi ini dibangun menggunakan teknik penataan taman khas Jepang. Gerbangnya terinspirasi pintu masuk Taman Chofu, di kota Shimonoseki. Di dalam taman terdapat kolam, taman batu dan ruang minum teh. Ada juga Tsukubai, wadah kecil dengan air mengalir, untuk membersihkan tangan sebelum memasuki ruang minum teh.

Gazebo di tengah taman jadi tempat santai favorit pengunjung. Sementara, Drum Bridge dengan latar belakang kolam, kerap jadi spot foto prewedding. Nuansa asri dan segar dihadirkan lewat air terjun dan sungai buatan, juga Stone Garden. Sekitar 600 ton batu di taman ini berasal dari Uludag, gunung di kota Bursa, Turki.  

taman jepang
Drum Bridge, salah satu ciri khas Taman Jepang Baltalimani, Istanbul, Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Bangunan yang paling mendominasi di taman ini adalah Yogetsuan (Rumah Jepang). Di dalamnya terdapat kamar bergaya Jepang, ruang minum teh dengan kompor, serta ruangan yang digunakan untuk berbagai acara, seperti upacara minum teh. 

Taman Jepang Baltalimani menghadirkan nuansa 4 musim, sepanjang tahun. Lengkap dengan 37 pohon sakura, 36 pohon maple dan 5 pohon pinus. Pengunjung bisa menikmati Festival Sakura, saat musim semi, pertengahan April sampai pertengahan Juni. 

rumah jepang
Replika Yogetsuan, rumah Jepang. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Taman Jepang ini juga jadi lokasi banyak kegiatan seni dan budaya. Antara lain workshop Ikebana, Festival Hari Anak Koinobori (bendera ikan koi), pentas Aksi Samurai, serta peringatan hari pembentukan Sister City antara kota Shimonoseki dan Istanbul. Di dalam taman terpampang foto Selat Kanmon di Shimonoseki, yang mirip banget dengan Selat Bosphorus di Istanbul. 

Taman Jepang Baltalimani buka setiap hari, mulai pukul 7 pagi sampai 19.30 waktu setempat. Di musim dingin, taman tutup lebih awal, yaitu pukul 17.00. Healing di sini gratis, Bestie! 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana
Community Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US