Polda Metro Sebut Ada Aktor Fasilitasi Perusuh saat Demo di Jakarta

- Jumat, 9 Oktober 2020 | 14:02 WIB
Warga berjalan di samping Halte Bus Trans-Jakarta Bundaran HI yang hangus dibakar pengunjuk rasa penolak pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Warga berjalan di samping Halte Bus Trans-Jakarta Bundaran HI yang hangus dibakar pengunjuk rasa penolak pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Insiden kerusuhan saat aksi demonstrasi dari elemen mahasiswa dan elemen buruh di Jakarta, Kamis (8/10/2020) kemarin berujung rusuh. Polda Metro Jaya menyebut ada aktor yang memfasilitasi perusuh untuk melakukan aksi pengrusakan dan pembakaran.

"Kemarin itu banyak sekali arahnya memang ke arah mau membuat rusuh di Jakarta ini. Ada yang dengan bayar, ada yang bilang macam-macam ini masih kita dalami semuanya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Dari keterangan massa yang diamankan polisi, salah satu massa mengaku tidak mengerti tujuan demo. Mereka hanya tahu jika mereka diundang dan difasilitasi hanya untuk melakukan aksi kerusuhan di Jakarta.

"50%  dari 1.192 ini adalah anak sekolah STM yang ditanya 'kamu tahu nggak apa itu undang-undang, nggak tahu, terus kamu ke sini ngapain?' Oh saya diundang Pak melalui media sosial di ajak teman nanti dapat duit di sana, dapat makan, tiket kereta sudah disiapin truk sudah disiapin bus sudah disiapin tinggal datang ke sana lempar-lempar saja," beber Yusri.

Lebih jauh Yusri mengatakan pihaknya masih mendalami terkait aktor tersebut. Untuk itu lah ada ratusan massa yang masih dilakukan penahanan dalam rangka proses penyelidikan.

"Iya pihak mana yang memfasilitasi nanti kita dalami. Kita masih dalami nanti kita ambil keterangan dari mereka semuanya ini bisa jadi membantu kita para penyidik nanti kita ambil CCTV, yang merusak, kemudian kita cari keterangan-keterangan saksi yang lain," kata Yusri.

Seperti diketahui, aksi kericuhan terjadi di Jakarta kemarin. Kerusuhan itu terjadi di beberapa lokasi di Jakarta. Kericuhan itu berlangsung ditengah-tengah aksi demonstrasi yang dilakukan elemen buruh maupun elemen mahasiswa. Aksi unjuk rasa disertai kerusuhan itu terjadi pasca DPR RI mensahkan UU Cipta Kerja.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X