6 Pasien Ini Baru Tahu Terinfeksi Virus Corona setelah Donor Darah

- Selasa, 10 Maret 2020 | 11:11 WIB
Ilustrasi donor darah (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)
Ilustrasi donor darah (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Menyumbangkan darah merupakan hal yang terpuji, namun sebelum mendonorkan darah baiknya calon pendonor mengetahui betul kondisi kesehatannya. Dipastikan darah yang akan didonorkan tidak mengandung penyakit yang ditularkan melalui darah.

Menurut Sin Chew Daily seperti dikutip dari World of Buzz, Selasa (10/3/2020), sebanyak 6 pasien baru mengetahui positif virus corona setelah donor darah. Hal itu terjadi di Korea Selatan. 

Salah satu di antara mereka yaitu seorang pegawai negeri dari pusat wabah virus corona, Kota Daegu. Dia menyumbangkan darah pada 13 Februari 2020, namun diketahui dia positif virus corona pada 23 Februari 2020. Padahal diketahui 9 orang telah menerima transfusi dari kantong darah tersebut.

Sementara itu, tim medis terus berupaya untuk memulihkan darah sejumlah pasien positif corona yang didonorkan. Namun, Anda perlu memahami bahwa virus corona merupakan penyakit pernapasan yang menular lewat cairan tubuh saat batuk dan bersin.

Sejauh ini, belum ditemukan penularan virus corona menular melalui darah pasien yang positif. Jadi, ada kemungkinan orang yang sudah menerima transfusi tidak tertular virus corona.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X