WHO: Investasi yang Terlalu Sedikit dalam Kesehatan Dapat Menurunkan Peringkat Kredit

- Rabu, 19 Mei 2021 | 14:05 WIB
Organisasi kesehatan dunia (REUTERS/Denis Balibouse)
Organisasi kesehatan dunia (REUTERS/Denis Balibouse)

Negara-negara yang berinvestasi terlalu sedikit dalam kesehatan masyarakat dapat dipangkas peringkat kreditnya, menurut ketua panel Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Komentar Mario Monti datang sebelum pertemuan puncak kesehatan global pada hari Jumat di Roma di mana para pemimpin Kelompok 20 ekonomi terbesar akan membahas keadaan darurat virus corona dan bagaimana mencegah krisis kesehatan besar di masa depan.

"Pandemi seperti ini menimbulkan ancaman besar tidak hanya bagi stabilitas keuangan tetapi juga bagi seluruh sistem ekonomi dan keuangan," kata Monti, dikutip dari Reuters.

Mantan perdana menteri Italia itu mengetuai Komisi Pan-Eropa WHO untuk Kesehatan dan Pembangunan Berkelanjutan, yang dibentuk September lalu oleh kepala badan kesehatan dunia untuk Eropa, Hans Kluge.

Ini telah merekomendasikan G20 membentuk Dewan Kesehatan Global yang akan bekerja untuk mencegah pandemi di masa depan dengan mengidentifikasi risiko, menetapkan tolok ukur global untuk kesiapan dan mempromosikan investasi dalam infrastruktur kesehatan.

Sebuah laporan oleh panel mengutip perkiraan bahwa lebih dari $ 10 triliun telah hilang secara global karena pandemi Covid-19 dan penguncian untuk mengendalikan penyebarannya yang telah menutup bisnis dan membatasi orang keluar dari rumah.

Dewan kesehatan akan meniru Dewan Stabilitas Keuangan, yang dibentuk setelah krisis keuangan 2008 dan membantu mengarahkan peraturan global untuk mengurangi risiko keuangan dan perbankan, kata Monti.

Hal ini bertujuan untuk membalikkan tren yang telah menyebar banyak negara kaya, memotong pengeluaran untuk perawatan kesehatan setelah krisis tahun 2008.

Negara-negara yang kurang berinvestasi dapat menghadapi risiko penurunan peringkat kredit mereka.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X