Kenangan Indah Moeldoko Selama Jadi Pembantu Jokowi
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
News

Kenangan Indah Moeldoko Selama Jadi Pembantu Jokowi

Moeldoko pamit.

Jumat, 18 Oktober 2019 17:24 WIB 18 Oktober 2019, 17:24 WIB

INDOZONE.ID - Jenderal TNI (purn) Moeldoko pamit dari posisi sebagai Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Jumat (18/10). Dia mengaku akan pulang kampung untuk berlibur.

Moeldoko menjabat posisi Kepala KSP pada Januari 2018 menggantikan Teten Masduki. Banyak kenangan yang dirasakan mantan Panglima TNI tersebut selama membantu Presiden Joko Widodo. 

Salah satu pengalaman yang terindah adalah saat rambut Moeldoko dipotong Jokowi saat menjalankan ibadah umrah pada April 2019. Dia tak pernah menyangka bisa sedekat itu dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut. 

"Saya tidak membayangkan saya bisa bercanda-canda dengan Pak Jokowi dalam pekerjaan dan di sana (saat Umroh) rambut saya digunting. Itu kejutan luar biasa bagi saya, yang terindah sepanjang saya bekerja di sini," ungkap Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (18/10).

Tak hanya itu, Moeldoko menyebut Jokowi sebagai sumber inspirasi baginya. Dia banyak belajar dari gaya kepemimpinan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

Moeldoko belajar bagaimana pendekatan dengan masyarakat. Dia juga mempelajari cara Jokowi mendengarkan aspirasi dari rakyatnya.

"Gaya beliau menjawab semua pertanyaan dan ini memberikan suasana baru apalagi harus membuat keputusan banyak sekali," jelasnya.

Pria berusia 62 tahun tersebut kemudian menceritakan awal kariernya sebagai Kepala KSP. Rasa gugup diakui Moeldoko sempat mengelayuti. 

Dia sempat kagok menghadapi wartawan yang menanyakan begitu banyak hal baik. Namun, perlahan pria asal Kediri itu mulai terbiasa. 

"Alhamdulilah berkat pertanyaan wartawan hal itu juga membuat saya belajar, membuat saya memahami pertanyaan-pertanyaan," kata Moeldoko.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU