Harapan dan Saran Isnur untuk Jokowi

- Jumat, 18 Oktober 2019 | 14:15 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Antara/Aditya Pradana Putra)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Penegakan hukum dinilai bakal jadi pekerjaan rumah untuk Joko Widodo di periode kedua kepemimpinannya. Ada beberapa catatan terkait penegakan hukum di periode pertama Jokowi sebagai presiden.

Ketua Bidang Advokasi Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Muhamad Isnur menilai, penegakan hukum masih dijadikan alat kriminalisasi. Lalu penegakan hukum juga terlihat sebagai alat diskriminasi. 

Jika terus dibiarkan, Isnur khawatir tak ada lagi demokrasi di negeri ini. Atas dasar tersebut, Isnur berharap ada beberapa upaya yang dilakukan Jokowi untuk mengubah image tersebut.

Langkah seperti apa? Ini masukan dari Isnur.  

Pertama, memperkuat pengawasan internal dan menambah independensi pengawas eksternal. Kedua, memperbarui hukum acara pidana untuk meminimalkan penggunaan hukum sebagai alat kriminalisasi. 

Ketiga, melihat kembali kelembagaan Kejaksaan dan Kepolisian agar pengawasan dan koordinasi dengan lembaga di atasnya lebih efektif.

"Apabila tidak dilakukan perubahan secara kelembagaan, maka penegakan hukum yang melanggar HAM akan semakin banyak terjadi dan ujungnya demokrasi Indonesia akan terus turun," kata Isnur. (MA)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X