Seleksi Direksi dan Komisaris Bank Sumut Dilaporkan ke OJK, DPR, dan Ombudsman RI

- Jumat, 5 Mei 2023 | 09:43 WIB
Proses seleksi dan penunjukkan direksi dan komisaris Bank Sumut resmi dilaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan, DPR RI dan Ombudsman RI. (Ist)
Proses seleksi dan penunjukkan direksi dan komisaris Bank Sumut resmi dilaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan, DPR RI dan Ombudsman RI. (Ist)

Proses seleksi dan penunjukkan direksi dan komisaris Bank Sumut resmi dilaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan, DPR RI dan Ombudsman RI.

Laporan dilayangkan oleh Gerakan Mahasiswa Penegakkan Hukum Provinsi Sumatera Utara (GMPH Sumut). Ketua GMPH Sumut, Roni Siregar mengatakan pihaknya telah melaporkan dugaan pelanggaran pada seleksi serta penunjukan direksi dan komisaris Bank Sumut itu sejak dua pekan lalu.

Menurutnya, pelaporan dilakukan karena proses seleksi/nominasi pejabat Bank Sumut diduga melanggar peraturan OJK No. 34/POJK.04/2014 Tahun 2014 tentang Komite Nominasi dan Remunerasi (KNR).

"Dalam POJK tersebut anggota KNR, syarat calon direksi/komisaris dan sanksi semua telah diatur. Akan tetapi Pemprov membentuk pansel yang mana ketua dan anggotanya bukanlah termasuk di dalam KNR Bank Sumut. Sedangkan dalam POJK jelas diatur, bahwa Ketua KNR adalah Komisaris Independen (Bank Sumut)," ujar Roni kepada awak media pada Kamis (4/5/2023).

Menurutnya, ada juga peraturan OJK yang terkait dengan KNR, yakni Nomor 55 /POJK.03/2016 tentang Penerapan Tata Kelola Bagi Bank Umum.

Baca Juga: Bahrullah Akbar Resmi Jabat Komisaris Utama Bank DKI

"Mari kita lihat nanti bagaimana tindakan OJK. yang pasti direktur bisnis dan komisaris tanpa ada seleksi tapi sudah ditunjuk dalam RUPS luar biasa,"

"Yang kita garis bawahi, proses KNR itu sepatutnya sesuai aturan dilakukan sebelum RUPS, bukan setelah RUPS. Kita yakin lah OJK akan memperhatikan hal tersebut, terlebih saat ini banyak kasus-kasus yang tengah jadi perhatian publik," ujar Roni menjelaskan.

Dalam RUPS Luar Biasa Bank Sumut yang digelar pada Maret 2023 lalu, Gubernur mengusulkan 2 nama calon direksi (Direktur Utama dan Direktur Bisnis dan Syariah) dan 3 nama komisaris untuk mengikuti fit and proper test di OJK. Padahal sebelumnya Pemprov hanya membuka seleksi untuk posisi Direktur Utama saja.

"Kalau memang main asal tunjuk saja, jadi kenapa dibuka seleksi untuk posisi direktur utama. Sedangkan posisi lainnya ditunjuk tanpa ada seleksi. Terkait laporan atau aduan kami ini sudah ada respons baik dari Kepala OJK Sumbagut, makanya kita tunggu proses di OJK. Semoga OJK tetap menjaga integritasnya," tambahnya.

Menurutnya, GMPH Sumut hanya mau menegakkan aturan, terlebih itu aturan OJK sendiri.

Baca Juga: Tok! Komisi XI DPR Sepakati Perry Warjiyo Jadi Gubernur BI Periode Kedua

"Kita juga melaporkan ini ke Ombudsman RI dan DPR RI, untuk mengawal terkait seleksi ini. Kita ajak masyarakat untuk mengawal penunjukkan dan seleksi direksi serta komisaris Bank Sumut ini, untuk kepentingan Sumatera Utara sendiri," ucap Roni.

Dia berujar, sepatutnya OJK terlebih dulu memeriksa terkait keabsahan proses seleksi atau penunjukkan direksi dan komisaris bank sumut, sebelum melakukan fit and proper test.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X