Mabes Polri: 796 Anarko Diamankan Terkait Rusuh Demo di Beberapa Daerah

- Jumat, 9 Oktober 2020 | 15:42 WIB
Ilustrasi massa. (ANTARA/Aditya Pradana Putra)
Ilustrasi massa. (ANTARA/Aditya Pradana Putra)

Buntut kericuhan yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia akibat demo UU Cipta Kerja membuat polisi mengamankan ratusan perusuh. Selain mengamankan para pelaku terduga perusuh, polisi juga mengamankan masyarakat sipil hingga pelajar.

"Jadi kami sampaikan bahwa beberapa orang yang diamankan yang terindikasi itu dari kelompok Anarko itu sebanyak 796 orang," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (9/10/2020).

Ratusan anarko itu diamankan di berbagai tempat yaitu Jakarta, Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Timur, Sumatera Utara dan Kalimantan Barat. Selain itu, ada ratusan masyarakat sekitar yang ikut diamankan oleh pihak kepolisian.

Argo menyebut ada sebanyak 601 masyarakat sipil yang diamankan. Selanjutnya dari data Mabes Polri terkini ada pula sejumlah pelajar maupun mahasiswa yang ikut diamankan oleh Polri.

"Masyarakat umum sebanyak 601 di Sulsel, Sultra, Jakarta. Pelajar 1.548 di Sulsel Jakarta, Sumut, Kalteng," kata Argo.

Sedangkan untuk jumlah massa dari elemen mahasiswa ada sebanyak 443 yang diamankan di wilayah Sulsel, Jakarta, Sultra, Sumut, Papua Barat dan Kalteng. Untuk massa buruh yang diamankan ada sebanyak 419 di Jakarta dan Sumut.Terakhir yakni jumlah massa pengangguran ada sebanyak 55 di Sultra, Kalsel dan Sumut.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X