Bamsoet Minta Para Menteri Untuk Adaptasi Pola Kerja Presiden Jokowi

- Minggu, 27 Oktober 2019 | 11:23 WIB
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo meminta para menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk beradaptasi dengan gaya dan pola kerja Presiden Joko Widodo, yang cepat dan responsif dalam menyelesaikan suatu persoalan.

Menurut Bamsoet, ini karena Kabinet Indonesia Maju diisi oleh orang-orang baru. Bahkan beberapa di antaranya mungkin belum mengenal mekanisme kerja dan dinamika birokrasi kementerian.

-
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

"Beberapa di antara para menteri dan wakil menteri mungkin belum mengenal mekanisme kerja dan dinamika birokrasi kementerian. Maka, inisiatif para menteri untuk segera konsolidasi menjadi sangat penting," kata Bamsoet dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu (27/10/19).

Bamsoet menilai para menteri dan wakil menteri hendaknya segera konsolidasi dan berkoordinasi dengan semua satuan kerja di kementerian masing-masing.

Namun Bamsoet menambahkan jika konsolidasi ini tak boleh banyak menyita waktu karena pada akhirnya, para menteri baru dituntut untuk mampu beradaptasi dan mengikuti ritme kerja Presiden yang serba cepat dan responsif itu.

-
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

"Saya mengingatkan bahwa ekspektasi masyarakat terhadap Kabinet Indonesia Maju terbilang cukup tinggi. Masyarakat akan menunggu dan melihat apa yang bisa diperbuat oleh kabinet baru dalam 100 hari pertama masa bhakti para menteri," ujarnya.

Bamsoet juga menambahkan jika masyarakat berharap agar figur dalam kabinet baru ini lebih produktif dan lebih baik dari kabinet sebelumnya. Sehingga menurutnya harapan ini dapat diterima oleh para menteri sebagai tantangan, bukan beban.

Dia mengaku optimis para menteri akan mampu mengikuti pola kerja Presiden yang serba cepat itu, khususnya dengan kombinasi figur senior dan sejumlah sosok muda, termasuk 12 wakil menteri.

Dia menilai agar bisa responsif seperti presiden, para menteri dan wakil menteri harus memiliki sensitifitas tinggi dan juga komunikatif dalam menyikapi berbagai persoalan yang berkembang di tengah masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X