Diperingati FAO, Jokowi Minta Kepala Daerah Cek Persediaan Pangan

- Senin, 13 April 2020 | 14:13 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ANTARA/Wahyu Putro A)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ANTARA/Wahyu Putro A)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan mendapat peringatan dari Food and Agriculture Organization (FAO) yang mengatakan pandemi virus corona atau Covid-19 berpengaruh terhadap kelangkaan pangan juga bahan pokok.

"Ini peringatan dari FAO agar betul kita garisbawahi, peringatan in mengatakan pandemi ini bisa terjadi kelangkaan bahan pokok," ucap Presiden Jokowi dalam pembukaan rapat terbatas di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (13/4/2020).

Atas peringatan itu, dia memerintahkan Menteri Dalam Negeri untuk mengingatkan seluruh kepala daerah menjaga ketersediaan pangan dan bahan pokok.

"Mendagri agar mengingatkan gubernur, bupati walikota, menjaga ketersediaan bahan pokok, membuat perkiraan ke depan sehingga kita bisa memastikan tidak ada kelangkaan bahan pokok yang ada," jelasnya.

Para menteri juga diminta memantau hasil panen nasional yang akan datang dan segera mengambil tindakan jika menemukan adanya penurunan jumlah panen, khususnya di bulan setelah pandemi virus corona diprediki berakhir.

"Mungkin panen yang ini baik tapi panen yang pada penanaman yang ke bulan Agustus, September yang kedua. Nanti betul-betul dilihat secara detail sehingga tidak mengganggu produksi rantai pasok maupun distribusi dari bahan-bahan pangan yang ada," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X