Jokowi: Kita Punya RS Tanpa Dinding, Ini Bedanya dengan Negara Lain

- Senin, 13 April 2020 | 13:11 WIB
Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).

Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat berobat secara online daripada berkunjung ke dokter, Puskesmas, atau rumah sakit (RS) di tengah kondisi darurat virus corona (Covid-19). 

"Saya sangat menghargai, dan belum banyak diungkap bahwa kita punya rumah sakit tanpa dinding, atau telemedicine. Ini akan sangat bagus kalau disampaikan. Ini bedanya kita dengan negara lain," kata Jokowi dalam pembukaan rapat terbatas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/4/2020).

Menurut Jokowi, ide kreatif dan infrastruktur berobat online merupakan suatu kemajuan Indonesia dibanding negara lainnya. Dalam kondisi darurat dan pemberlakuan PSBB, masyarakat tidak perlu lagi melakukan perjalanan ke rumah sakit. Jokowi menganggap cukup melakukan telemedicine

"Tidak semua orang harus ke dokter, rumah sakit atau puskesmas, tetapi bisa lewat telemedicine, ini juga mengurangi resiko pada tenaga medis," ujarnya.

Sampai saat ini Jokowi mengatakan pengguna telemedicine telah berkembah pesat hingga mencapai 15 juta pengguna.

"Saya mendapat laporan ada beberapa perusahaan aplikasi teknologi masuk, dan bekerja sama dengan Kemenkes yang tadinya ada 4 juta pengguna, saat ini menjadi 15 juta orang menggunakan aplikasi ini," tegasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X