Sambut Mohammad Shtayyeh, Presiden Jokowi Tegaskan Dukung Perjuangan Kemerdekaan Palestina

- Senin, 24 Oktober 2022 | 18:00 WIB
Perdana Menteri Palestina, Mohammad I.M. Shtayyeh, dan Presiden Jokowi (Sekretariat Kabinet)
Perdana Menteri Palestina, Mohammad I.M. Shtayyeh, dan Presiden Jokowi (Sekretariat Kabinet)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, komitmen Indonesia mendukung perjuangan Palestina dalam meraih kemerdekaan. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam keterangan pers bersama Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad I.M. Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (24/10/2202).

“Sekali lagi, saya tegaskan komitmen Indonesia untuk terus mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina,” ucap Presiden Jokowi, Senin (24/10/2022).

Kedua pemimpin negara itu juga membahas sejumlah hal. Salah satunya adalah terkait kesatuan dan perjuangan bangsa Palestina. Jokowi mengatakan, dukungan internasional terhadap perjuangan Palestina perlu terus didorong.

Baca Juga: Sekjen Gerindra Sebut Prabowo Capres Mumpuni Tahun 2024, Paling Cocok Gantikan Jokowi

“Saya tekankan pentingnya kesatuan di antara bangsa Palestina. Sejarah Indonesia menunjukkan, bahwa kesatuan Indonesia yang membawa Indonesia dapat merebut kemerdekaan,” ungkapnya.

“Oleh karena itu, proses rekonsiliasi perlu terus didorong, dan Indonesia siap memfasilitasi rekonsiliasi faksi-faksi yang ada di Palestina. Saya juga menyampaikan dukungan Indonesia agar Palestina menjadi anggota penuh di PBB,” tambah Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi turut menyampaikan komitmen Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan dan pembangunan kapasitas. Jokowi mengatakan, MoU perjanjian hibah bantuan baru pemerintah Indonesia kepada Palestina, telah ditandatangani beberapa hari yang lalu.

Baca Juga: Hari Dokter Nasional: Presiden Jokowi Berterima Kasih kepada Para Dokter dan Nakes

“Indonesia dalam proses penyaluran bantuan kepada Palestina melalui UNRWA dan ICRC. Bantuan ke Palestina bukan hanya dari pemerintah, tetapi juga dari masyarakat sipil. Saat ini, MUI tengah memproses pembangunan rumah sakit Indonesia di kota Hebron, Palestina,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X