Ini Rangkaian Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1442 H, Dibagi Jadi Tiga Tahap

- Senin, 12 April 2021 | 16:21 WIB
Sidang Isbat dari Kemenang RI. (Youtube/Kemenag RI).
Sidang Isbat dari Kemenang RI. (Youtube/Kemenag RI).

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1442 H. Dimana nantinya sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap.

Direktur Urusan Agama Islam Agus Salim menambahkan, sidang isbat dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

 “Sesi ini akan dimulai pukul 16.45 WIB dan disiarkan langsung,” ujar Agus dalam keterangan yang diterima Indozone, Senin (12/4/2021).

Untuk tahap kedua, lanjut dia, sidang isbat awal Ramadhan yang akan digelar setelah Salat Magrib. Tahap ini digelar secara tertutup.

“Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan TVRI, RRI, dan Medsos Kemenag," paparnya.

Baca Juga: Terungkap, Isi Tas Misterius yang Diduga Bom di Kantor DPRD Kota Kediri Ternyata Batu Bata

Sidang isbat akan digelar secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). Sidang akan dihadiri Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sejumlah ormas Islam, antara lain: NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah, direncanakan akan hadir langsung di Kantor Kementerian Agama. Ada juga Ormas Islam yang akan mengikuti proses sidang ini secara daring.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X