5 Banjir Terparah dalam Sejarah

- Selasa, 10 November 2020 | 19:45 WIB
Banjir di Florida Selatan. (REUTERS/Marco Bello)
Banjir di Florida Selatan. (REUTERS/Marco Bello)

Florida Selatan berubah menjadi sungai setelah jalanan terendam banjir akibat dilanda Badai Tropis Eta. Hujan lebat dan angin kencang menyebabkan gelombang badai di sepanjang pantai. Tiga peringatan darurat banjir diinformasikan kepada waarga.

Tak hanya di Florida Selatan, di berbagai belahan dunia juga pernah mengalami bencana banjir bahkan lebih parah dan mematikan. 

Melansir berbagai sumber, Selasa (10/11/2020), inilah lima banjir terparah dalam sejarah.

1. Banjir Jakarta Tahun 2007

-
Ilustrasi banjir yang menggenang salah satu wilayah di DKI Jakarta. (INDOZONE)

Berawal dari hujan lebat yang terjadi pada 1 Februari yang berlangsung hingga keesokan harinya, ditambah dengan volume air dari 13 sungai yang dialiri air dari daerah Bogor dan Cianjur berhasil merendam 60% wilayah Jakarta. Tercatat, pada banjir Jakarta 2007 aliran banjir mencapai 2,6 juta liter/detik.

2. Banjir Mississippi Tahun 1927

-
Korban banjir Mississippi berkemah di atas tanggul. (U.S. Army Corps of Engineers)

Tepat pada 15 April 1927, Amerika Serikat berhasil dilumpuhkan akibat luapan Sungai Mississippi. Hujan deras yang mengguyur Mississippi selama 18 jam tanpa henti membuat luapan sungai tersebut merendam 60 ribu kilometer persegi dengan kedalaman hingga 9 meter, derasnya air mencapai 65 juta liter/detik.

3. Banjir Amazon Tahun 1953

-
Sungai Amazon. (chimuadventures.com)

Banjir Amazon merupakan banjir meteorologi terbesar yang tercatat di sepanjang sejarah sungai Amazon. Banjir besar ini menutupi area seluas 140.000 mil persegi dengan debit puncak mencapai 370 ribu meter persegi per detiknya atau sekitar 370 juta liter per detiknya untuk deras airnya.

4. Banjir Alaska 10 Ribu Tahun Lalu

-
Ilustrasi banjir. (freepik/welcomia)

Banjir vulkanik Alaska terjadi sekitar 10 ribut tahun yang lalu. Banjir besar ini terjadi akibat luapan air dalam kawah kaldera gunung berapi. Saking besarnya banjir ini, derasnya air mencapai 1 miliar liter per detiknya. Air sederas ini dapat mengisi Danau Toba hanya dalam 4 menit lho.

5. Banjir Missoula 25 Ribu Tahun Lalu

-
Ilustrasi banjir. (freepik/welcomia)

Banjir Missoula dikenal juga dengan banjir Spokane atau banjir Bretz sebenarnya adalah banjir periodik di Amerika Serikat. Namun berbeda dengan 25 ribu tahun yang lalu, air dengan deras mencapai 17 miliar liter per detiknya akibat runtuhnya bendungan es alami setinggi 600 meter.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X