Surabaya Dilabeli Zona Hitam, DPR Imbau Pemerintah Miliki Kriteria Zonasi Wilayah

- Jumat, 5 Juni 2020 | 12:59 WIB
Petugas melakukan tes diagnostik cepat Covid-19. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Petugas melakukan tes diagnostik cepat Covid-19. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati mengimbau agar pemerintah memiliki kriteria zonasi terkait status pandemi Covid-19 di setiap wilayah. Hal itu merujuk dari Surabaya yang disebut sebagai wilayah zona hitam baru-baru ini.

"Sehingga tidak bisa ada klaim status sebuah daerah tanpa kriteria dan ukuran yang jelas," ucap Mufida kepada Indozone, Jumat (5/6/2020).

Lebih lanjut, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut mengatakan kalau penambahan kasus positif corona dan meninggal di Jawa Timur masih fluktuatif, dan hampir mendekati angka di DKI Jakarta.

-
Ilustrasi data virus corona.(freepik)

Kendati demikian, Mufida berharap kedua wilayah tersebut tidak dibanding-bandingkan karena baik Jakarta ataupun Surabaya memiliki luas wilayah dan faktor-faktor yang berbeda dalam menetapkan zonasi.

"Perbandingan Surabaya dan Jakarta harus sesuai kriteria dari pemerintah. Tentu saja jumlah provinsi dan luas provinsi harus menjadi salah satu faktor pertimbangan dan kriteria," ungkapnya.

Oleh sebab itu, menurutnya yang terpenting saat ini adalah bukan memperbandingkan antar wilayah, namun fokus pada pengendalian kasus-kasus penyebaran virus corona di daerah-daerah seluruh Indonesia.

"Sebenarnya yang lebih penting saat ini bukan memperbandingkan satu daerah dengan daerah lain, tapi fokus pada pengendalian angka kasus positif di daerah-daerah yang semakin meningkat seperti Surabaya dan sekitarnya," tutup Mufida.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X