Revitalisasi Trotoar Buat Macet, Anies: Yang Bikin Macet Mobil & Motor
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
News

Revitalisasi Trotoar Buat Macet, Anies: Yang Bikin Macet Mobil & Motor

Selasa, 12 November 2019 11:39 WIB 12 November 2019, 11:39 WIB

INDOZONE.ID - Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini tengah gencar merevitalisasi trotoar di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Namun, tidak sedikit masyarakat mengeluh karena perbaikan itu membuat jalan di lokasi proyek bertambah macet.

Hal itu pun dibantah oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia mengatakan, kemacetan di sejumlah titik di Jakarta bukan disebabkan karena revitalisasi trotoar, melainkan karena banyaknya jumlah kendaraan bermotor.

revitalisasi trotoar
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

"Setahu saya yang bikin macet itu mobil dan motor ya, bukan trotoar," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (11/11).

Anies menilai, lebar jalan di Jakarta masih sama seperti sebelumnya. Hanya, jumlah kendaraan bermotor terus bertambah setiap hari sehingga menyebabkan kemacetan.

"Sesungguhnya panjang jalan di Jakarta tidak berubah. Panjang jalan di Jakarta itu segitu. Jumlah kendaraan bermotornya yang meningkat banyak. Itu yang harus ditangani dengan lebih banyak mau menggunakan kendaraan umum," ujarnya.

Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Oleh karena itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum agar kemacetan dapat berkurang.

Dia menerangkan, dalam sebuah riset, Jakarta termasuk salah satu kota dengan jumlah pejalan kaki terendah di dunia. Dengan begitu, ia mengimbau agar masyarakat beraktivitas dengan berjalan kaki. Hal ini juga yang menjadi tujuan pembangunan trotoar.

"Kita perhatikan semua kota modern dan kosmopolite seperti Jakarta dengan kegiatan interaksi yang amat intensif, selalu punya fasilitas pejalan kaki yang baik. Itu yang kita dorong ke sana. Dengan adanya trotoar juga, kita berharap warga bisa berjalan kaki lebih banyak. Kita berharap penggunaan sepeda juga lebih banyak," ujar Anies.

revitalisasi trotoar
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Sementara itu, jumlah pengguna transportasi umum saat ini di Jakarta meningkat dua kali lipat yakni di atas 700 ribu penumpang, dibandingkan tahun 2017 sekitar 340-an ribu. 

"Artinya lebih banyak warga yang menggunakan kendaraan umum. Itu yang bisa mengurangi kemacetan," kata Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka
Rizka

Rizka

Editor
Rizka

Rizka

Reporter
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU