Anggaran Janggal, Revitalisasi Trotoar Rp1,2 T Tetap Lanjut
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
News

Anggaran Janggal, Revitalisasi Trotoar Rp1,2 T Tetap Lanjut

Rizka
Kamis, 07 November 2019 11:46 WIB 07 November 2019, 11:46 WIB

INDOZONE.ID - Dinas Bina Marga DKI Jakarta menyatakan akan mempertahankan rencana anggaran revitalisasi trotoar sebesar Rp1,2 triliun. Meskipun sebelumnya, Komisi D DPRD DKI Jakarta menilai ada kejanggalan dari anggaran tersebut.

"Kami sudah buat kajian, peta jalannya. Kami kasih di mana, panjang berapa, lebarnya berapa, terus isinya apa saja," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho, Rabu (6/11).

Menurut Hari, revitalisasi dan pembangunan trotoar merupakan konsep utama pengembangan jalanan Jakarta yang memprioritaskan kenyamanan pejalan kaki menuju transportasi antarmoda, baik MRT, BRT, maupun lainnya.

"Artinya, ke depan itu dinomorsatukan pejalan kaki, baru pesepeda, angkutan umum, keempatnya baru angkutan pribadi. Pola pikirnya diubah," ujar Hari.

Tahun ini, lanjutnya, Dinas Bina Marga melakukan revitalisasi trotoar sekitar 67 kilometer. Sedangkan, di tahun 2020 akan dilakukan revitalisasi sekitar 100 kilometer (dua arah).

"Sudah ada ruas jalannya. (Rencananya) di Jalan M.T. Haryono, Gatot Subroto, Rasuna Said, Jalan Kartini, banyak, ada 25—35 kajian," kata Hari.

Hari juga menegaskan bahwa rencana anggaran Rp1,2 triliun yang diajukan sudah sesuai dengan kebutuhan. Nantinya, pihaknya akan menjelaskan konsep revitalisasi trotoar kepada Komisi D.

"Kajian lengkap akan kami sampaikan. Jadi, kami tidak serta-merta ngawur, peta jalan ada, kajiannya ada baru kami sampaikan," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU