The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dunia Perlu Tingkatkan Investasi Jika Ingin Memerangi Perubahan Iklim
Ilustrasi investasi. (Pixabay/Lorenzo Cafaro)
News

Dunia Perlu Tingkatkan Investasi Jika Ingin Memerangi Perubahan Iklim

Rabu, 13 Oktober 2021 14:35 WIB 13 Oktober 2021, 14:35 WIB

INDOZONE.ID - Investasi dalam negeri terbaru perlu tiga kali lipat pada akhir dekade, jika dunia berharap bisa memerangi perubahan iklim secara efektif dan menjaga pasar energi tetap terkendali, kata Badan Energi Internasional (IEA).

"Dunia tidak cukup berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan energi masa depannya. Pengeluaran  terkait transisi secara bertahap meningkat, tetapi masih jauh dari apa yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan layanan energi yang meningkat secara berkelanjutan," kata IEA dalam laporannya pada hari Rabu (13/10/2021), dikutip dari Aljazeera.

IEA yang berbasis di Paris merilis World Energy Outlook tahunan awal tahun ini untuk memandu konferensi perubahan iklim COP26 PBB mulai akhir bulan ini.

Sementara itu, beberapa pekan terakhir, harga listrik melonjak ke tingkat rekor karena harga minyak dan gas alam mencapai tertinggi dan kekurangan energi melanda Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

Baca juga: Demi Lindungi Bumi, NASA akan Korbankan Pesawat untuk Tabrak Asteroid

IEA memperingatkan bahwa energi  terbarukan seperti tenaga surya, angin dan tenaga air bersama dengan bioenergi perlu membentuk bagian yang jauh lebih besar dalam rebound investasi energi setelah pandemi.

Energi terbaru akan menyumbang lebih dari dua pertiga investasi dalam kapasitas listrik baru tahun ini. Namun, keuntungan yang cukup besar dalam penggunaan batu bara dan minyak telah menyebabkan peningkatan tahunan terbesar kedua dalam emisi CO2 yang sebabkan perubahan iklim.

IEA mengatakan transisi energi yang lebih cepat akan melindungi konsumen dengan lebih baik di masa depan, karena guncangan harga komoditas akan menaikkan biaya untuk rumah tangga 30 persen lebih rendah dalam skenario Net Zero Emissions by 2050 (NZE) yang paling ambisius dibandingkan dengan skenario kebijakan tertentu yang lebih konservatif.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US