Hari Ini Presiden Jokowi Lantik Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

- Senin, 19 Desember 2022 | 10:08 WIB
Laksamana TNI Yudo Margono. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom)
Laksamana TNI Yudo Margono. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022). Rencananya Yudo akan dilantik sekira pukul 11.30 WIB.

"Iya dilantik hari ini," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin kepada wartawan, Senin (19/12/2022). 

Baca Juga: Jamin Netralitas pada Pemilu 2024, Yudo Margono: Kapan TNI Tidak Netral?

Laksamana Yudo Margono dilantik sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan pensiun pada 21 Desember 2022. Namun masa purnatugas Jenderal Andika baru dimulai pada 1 Januari 2023 mendatang. 

Pelantikkan ini digelar setelah DPR RI resmi mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Keputusan itu diambil dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Selasa (13/12/2022) lalu. 

Baca Juga: Sah Jadi Panglima TNI, DPR Harap Laksamana Yudo Margono Amanah Tugas

Dalam rapat paripurna tersebut, dihadiri oleh 356 legislator dari total 575 anggota dewan. Rinciannya yang hadir secara fisik 21 orang, 195 virtual dan 140 orang menyatakan izin. 

Ketua DPR RI Puan Maharani menanyakan kepada seluruh anggota DPR terkait hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI. 

"Apakah pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI dan persetujuan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dapat disetujui?" tanya Puan kepada para anggota dewan.

"Setuju," jawab para anggota dewan.

Pengesahan ini dilakukan, setelah Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid melaporkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI. Dalam laporannya, ia menyatakan Komisi I telah melakukan rapat untuk mendengarkan visi dan misi dari calon Panglima TNI. 

"Komisi I memutuskan menyetujui dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI," ucap Meutya.    

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X