Update! Lokasi Black Box Sriwijaya Air Ditemukan, Tidak Lama Lagi Bisa Diangkat

- Minggu, 10 Januari 2021 | 17:22 WIB
Proses pencarian dan evakuasi pesawat Sriwijaya Air (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Proses pencarian dan evakuasi pesawat Sriwijaya Air (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Kepala BNPP atau Basarnas, Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito mengatakan lokasi black box (kotak hitam) pesawat Sriwijaya Air SJ-182, akhirnya telah didapatkan.

"Keberadaan kotak hitam diyakini berdasarkan sinyal yang dipancarkan dari dua alat tersebut," kata Bagus, Minggu (10/1/2021).

Oleh karena itu, KN SAR Basudewa langsung disiagakan membawa peralatan yang diperlukan untuk mencari kotak hitam, dan merapat ke KRI Rigel.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan titik jatuh pesawat Sriwijaya Air SJ-182 sudah ditemukan.

"Bagian-bagian yang kecil masih bisa diambil. Untuk bagian yang besar akan didatangkan kapal dengan fungsi derek untuk mengangkat," katanya.

Dia berharap kotak hitam pesawat bisa segera diangkat untuk dianalisa datanya sehingga terang benderang penyebab kecelakaan tragis tersebut.

"Mudah-mudahan tidak lama lagi kotak hitam sudah bisa diangkat sehingga bisa menjadi bahan bagi KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut," tuturnya.

Dia berharap, dengan dukungan dan doa seluruh masyarakat Indonesia, pecahan-pecahan pesawat yang berada pada kedalaman 23 meter di bawah permukaan air laut, juga bisa segera diangkat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X