The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Racun yang Paling Sering Dipakai Membunuh di Film Detektif, Termasuk di Detective Conan 
Ilustrasi pembunuhan beracun dalam fil Detective Conan. (Wikimedia).
Movie

3 Racun yang Paling Sering Dipakai Membunuh di Film Detektif, Termasuk di Detective Conan 

Kamis, 01 Desember 2022 19:15 WIB 01 Desember 2022, 19:15 WIB

INDOZONE.ID - Seorang anak membunuh keluarganya sendiri dengan racun di sebuah rumah di Dusun Prajenan, Desa Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah, pada Senin (28/11/2022 lalu. Kejadian ini seolah-olah mengingatkan pada novel, komik atau film detektif bertema misteri pembunuhan, termasuk di anime Detective Conan.

Seperti yang diketahui, kasus ini mengakibatkan tiga orang kehilangan nyawanya, yaitu sang ayah Abbas Ashar (58), istrinya Heri Iryani (54), dan putri pertama Dhea Chairunnisa (24).

Pelakunya DD (22) adalah anak kedua korban yang dua kali mencoba meracuni orang tua dan kakaknya menggunakan racun, yaitu arsenik dan sianida.

Kasus ini tentu mengingatkan kepada film-film detektif. Salah satunya film detektif adaptasi novel Agatha Christie seperti The Mirror Crack’d from Side to Side, 4.50 From Paddington, atau serial anime detektif Conan, salah satunya di anime berjudul 'The Design of Poison and Mirage'.

Baca Juga: 5 Fakta Arsenik, Racun Maut Penyebab Kematian Sekeluarga di Magelang, Sangat Berbahaya!

Dalam film detektif, begitu banyak jenis racun yang selalu muncul. Namun ada tiga jenis racun yang paling sering muncul. Berikut tiga racun yang dimaksud.

1. Arsenik

Racun tidak berbau dan bewarna bahkan tidak memiliki rasa saat tertelan, tapi siapa sangka bahwa racun ini sangat berbahaya dan mematikan. Mengutip Medical News Today, racun arsenik merupakan komponen metaloid alami dari kerak Bumi. Konsentrasi arsenik mungkin lebih tinggi di wilayah geografis tertentu.

Bahan kimia ini biasanya digunakan sebagai pembuat pestisida. Arsenik bentuk organik juga mengandung karbon, tapi bentuk anorganik tidak. Arsenik sendiri tidak dapat larut dalam air. 

Arsenik paling sering muncul di film detektif seperti serial Agatha Christie's Marple - 4.50 From Paddington yang tayang di BBC.

2. Sianida

Sianida paling sering ditemukan dalam film detektif. Sianida merupakan salah satu racun berbahaya yang bisa menyebabkan kematian dalam waktu singkat karena sifatnya mengikat zat oksigen dalam tubuh. 

Saat racun sianida sudah masuk ke tubuh, yang paling mengalami kerusakan adalah otak dan jantung. Sebab, kedua organ tersebut adalah yang paling banyak menggunakan oksigen.

Salah satu serial anime Detective Conan berjudul  Doku to Maboroshi no Dezain menampilkan kasus pembunuhan menggunakan racun.

Baca Juga: Racuni Satu Keluarga hingga Tewas, Polisi Tetapkan DD sebagai Tersangka

3. Strychnine/Striknina

Racun ini pernah muncul dalam film The Mysterious Affair at Styles dan Detective Byomkesh Bhaksy dari India. Striknina atau Strycnine adalah sebuah alkaloid kristaline, pahit, tak berwarna dan beracun yang dipakai sebagai pestisida, terutama untuk membunuh tikus.

Strychnine menyerang saraf tulang belakang, maka orang yang terkena akan mengalami kejang karena otot berkontraksi melawan kehendaknya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli
Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US