The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penumpasan Pengkhianatan G30 S PKI jadi Film Terlaris di Tahun 1984, Tapi Bukan Sukarela
Cover film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI. (IMDB).
Movie

Penumpasan Pengkhianatan G30 S PKI jadi Film Terlaris di Tahun 1984, Tapi Bukan Sukarela

Jumat, 30 September 2022 04:38 WIB 30 September 2022, 04:38 WIB

INDOZONE.ID - Film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI pernah meraih dua Piala Citra dari Festival Film Indonesia (FFI) di tahun 1984. Sementara itu, film ini juga menerima Piala Antemas (Penghargaan Khusus) sebagai Film Unggulan Terlaris periode 1984-1985.

Mengutip Wikipedia, film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI meraih sukses secara komersial maupun kritis. Film ini mencapai angka rekor penonton - meskipun dalam banyak kasus penonton diminta untuk melihat film ini, alih-alih secara sukarela.

Film ini terus digunakan sebagai kendaraan propaganda oleh pemerintah Orde Baru selama tiga belas tahun, di mana pemerintahan Soeharto kala itu memerintahkan satu-satunya stasiun televisi di Indonesia saat itu, TVRI, untuk menayangkan film ini setiap tahun pada tanggal 30 September malam.

Film ini juga diperintahkan menjadi tontonan wajib bagi siswa sekolah di Indonesia, walaupun memperlihatkan adegan-adegan yang penuh kekerasan berlebihan.

Film ini diproduksi selama dua tahun dengan anggaran sebesar Rp800 juta kala itu, film ini disponsori oleh pemerintahan Orde Baru Soeharto. 

Pengamat film Thomas Barker berpendapat bahwa penghargaan film tersebut, sebagian merupakan gabungan dari kepentingan negara dan FFI: keduanya berfokus pada mempromosikan budaya nasional yang bersatu.

Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI atau hanya Pengkhianatan G 30 S PKI disebut film dokudrama yang dirilis tahun 1984 silam. 

Film ini disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer, diproduseri oleh G. Dwipayana, dan dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Syubah Asa. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
M Fadli

M Fadli

Editor
JOIN US
JOIN US