The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cerita WNI Buka Puasa Bersama di Masjid Amerika, Menunya Bikin Kangen Mudik!
Masjid Imaam Center di Maryland, AS (Susi Fatimah/IDZ Creators)
Life

Cerita WNI Buka Puasa Bersama di Masjid Amerika, Menunya Bikin Kangen Mudik!

Selasa, 12 April 2022 15:52 WIB 12 April 2022, 15:52 WIB

INDOZONE.ID - Ratusan warga Indonesia yang menetap di Amerika Serikat khususnya di kawasan Washington DC, Maryland dan Virginia (DMV) mengikuti buka puasa bersama di Masjid Imaam Center yang terletak di Silver Spring, Maryland.

Dari pantauan Tim IDZ Creators, sejak ashar sejumlah panitia yang terdiri dari ibu-ibu mulai mempersiapkan aneka sajian untuk berbuka puasa. Nampak buah kurma dibungkus plastik beserta air mineral diletakkan di atas sajadah untuk para jemaah.

buka puasa di amerika
Ratusan WNI berbuka puasa di Masjid Imaam Center AS (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Sementara itu di bagian meja sudah tertata rapi ratusan boks makanan yang akan dibagikan kepada para jemaah yang hadir. Tak hanya itu, buah-buahan, kue serta aneka minuman pun nampak tersaji di meja yang lain.

Jelang waktu berbuka puasa, satu per satu para jemaah mulai berdatangan ke masjid yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2014 lalu ini. Jemaah pria dan wanita dipisahkan oleh sekat yang terbuat dari kayu. Begitu juga tempat salat, antara wanita dan laki-laki dibuat terpisah.

Jemaah laki-laki salat di lantai dua, sementara jemaah wanita di lantai dasar. Namun ada dua buah televisi besar yang dipasang di lantai dasar untuk memudahkan proses salat berjamaah.

masjid di amerika
Ratusan WNI salat berjamaah (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Saat adzan magrib berkumandang, para jemaah langsung menyegerakan berbuka puasa dengan kurma dan air mineral yang disediakan, setelah itu mereka bergegas wudhu untuk menggelar salat magrib berjamaah. Pasca salat magrib, jamaah satu per satu menerima boks makanan yang terdiri dari nasi, rendang sapi, tumis tahu dan buncis, sambal, kerupuk dan puding.

buka puasa di amerika
Menu berbuka puasa dari masjid (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Mereka nampak menikmati sajian rendang khas Indonesia sambil bercengkerama dengan sesama jemaah asal Indonesia. Mayoritas para jemaah yang hadir sudah lama tinggal di Amerika, mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Nuansa nostalgia dengan Indonesia pun sangat terasa.

Meski mayoritas jemaah adalah warga Indonesia, namun enggak sedikit juga jemaah yang berasal dari negara lain ikut berbuka puasa dan salat di masjid Imaam Center. Mereka turut menikmati sajian rendang sebagai menu berbuka puasanya.

salat di masjid amerika
Jemaah wanita dan pria disekat papan kayu (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Usai makan besar, para jemaah bersiap untuk menggelar shalat isya dan tarawih berjamaah. Pada Ramadhan tahun ini, pihak Masjid Imaam Center mendatangkan imam khusus dari Indonesia yaitu Ustad Syamsuri Firdaus yang merupakan pemenang MTQ internasional di Turki pada 2019. Salat isya dan tarawih pun langsung diimami oleh Ustad asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini. Untuk salat tarawih di Masjid Imaam Center digelar sebanyak 11 rakaat.

masjid imaam center
Masjid Imaam Center diresmikan oleh SBY (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Masjid Imaam Center menggelar buka puasa bersama setiap Jumat, Sabtu dan Minggu selama bulan Ramadhan tahun ini. Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang digelar setiap hari. Hal ini karena masih dalam masa Covid-19 sehingga ada pembatasan.

masjid imaam center
Tampak depan Masjid Imaam Center (Susi Fatimah/IDZ Creators)

Para jemaah yang hadir pun wajib mengenakan masker. Hanya saat makan saja para jemaah boleh membuka masker. Saat sedang salat pun jemaah tetap diwajibkan mengenakan masker untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators
TAG
Rini Puspita
Susi Fatimah
Susi Fatimah

Susi Fatimah

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US