Deretan Fakta Inspiratif Saleha Jabeen!
Saleha Jabeen. (Airforcetimes/Tech. Sgt. Armando Schwier-Morales)
Life

Deretan Fakta Inspiratif Saleha Jabeen!

Pernah mengalami perlakuan yang kurang menyenangkan.

Sabtu, 18 Januari 2020 05:21 WIB 18 Januari 2020, 05:21 WIB

INDOZONE.ID - Apa yang ada di benak kamu, ketika mendengar kata Angkatan Udara Amerika Serikat? Mungkin kamu akan membayangkan sosok para prajurit dengan persenjataan lengkap, terlatih dalam peperangan, dan kebanyakan adalah seorang pria.

Namun, kamu tau nggak, ada anggota dari Angkatan Udara Amerika Serikat yang merupakan seorang wanita. Meskipun namanya angkatan udara, kegiatan divisi yang dikerjakan tidak melulu soal fisik dan berperang.

Seperti wanita satu ini yang belakangan namanya mencuri perhatian media, Saleha Jabeen. Nama Saleha Jabeen dikenal sebagai sosok Muslimah pertama yang tergabung dalam angkatan udara Amerika Serikat. 

Lalu siapa sih Saleha Jabeen?

Berikut Indozone rangkum dari berbagai sumber, deretan fakta inspiratif Saleha Jabeen.

Wanita Muslim pertama di Angkatan Udara Amerika Serikat

Deretan fakta inspiratif Saleha Jabeen
Saleha Jabeen. (Airuniversity)

Saleha Jabeen merupakan sosok wanita Muslim yang lahir dan besar di negara India. Dia seorang teolog multi-bahasa, penasihat keadilan sosial, dan bisa dibilang merupakan salah seorang pemuka agama Islam di Angkatan Amerika Serikat.

Dan hebatnya lagi Saleha Jabeen tercatat sebagai wanita Muslim pertama yang tergabung di Angkatan Udara Amerika Serikat lho!

Perjalanan Kuliah

deretan fakta inspiratif saleha jabeen
Saleha Jabeen. (Airuniversity)

Perjalanan kuliah Saleha Jabeen diawali ketika ia datang ke Amerika pada tahun 2005, yang pada awalnya ia berencana untuk mengambil studi di bidang bisnis dan meraih gelar MBA. 

Pada saat ia menjalani pendidikannya tersebut, ia pernah mengalami perlakuan kurang menyenangkan.

Selain itu ada kejadian yang menjadi pelajaran buatnya, di mana temannya dari Rusia pernah mempertanyakan apakah Jabeen benar-benar seorang Muslim atau hanya sekadar identitas saja.

Saat itulah ia mulai membenahi dirinya menjadi lebih baik. Hal itu kemudian membawa Jabeen mengambil kuliah di Catholic Theological Union, Chicago untuk bidang Inter-religious Dialogue

Usahanya tersebut membawa dirinya ke posisi saat ini!

Perjalanan Karir

deretan fakta inspiratif Saleha Jabeen
Ilustrasi tentara wanita. (Pixabay/skeeze)

Saat perjalanan studi, Jabeen mengalami masalah biaya pendidikan, dan mulai mencari cara hadapi hal tersebut untuk selesaikan studi. Kemudian Jabeen mendapat jalan keluar.

Ia terinspirasi oleh kakaknya yang merupakan seorang anggota militer. 

Dengan usahanya ia lalu berhasil untuk bergabung di militer seperti kakaknya yang berfokus pada bidang kesehatan, tepatnya ia ditugaskan di Korps Medis Angkatan Darat.

Dari situ, ia banyak interaksi dengan Korps Chaplain yang membuatnya tertarik pada bidang tersebut. Singkat cerita, dengan segala jerih payah dan usahanya dalam mengabdi serta menyelesaikan studi, membawanya kepada karirnya sebagai Chaplain dan tergabung dalam Angkatan udara Amerika Serikat

Tugas Saleha Jabeen

deretan fakta inspiratif Saleha Jabeen
Saleha Jabeen. (Airuniversity)

Saleha Jabeen bertugas di Air Force Chaplain, Department of Defense. Di mana Chaplain sendiri merupakan satuan yang bertanggung jawab untuk kebutuhan religius anggota Air Force

Sebagai Chaplain, ia juga memberikan dukungan serta bimbingan keagamaan untuk para anggota yang Muslim maupun Non Muslim di Angkatan Udara Amerika Serikat.

Kehadiran Jabeen disambut antusias oleh Korps Chaplain, termasuk Pimpinan Air Force Chaplain Maj. Gen. Steven Schaick.


Itulah sedikit deretan cerita dari Saleha Jabeen, sungguh menginspirasi bukan? Bagaimana pendapat kamu?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU