Ini Perbandingan Kekuatan Militer Amerika Serikat dan Iran!
Ilustrasi tentara. (Pixabay/Military_Material)
News

Ini Perbandingan Kekuatan Militer Amerika Serikat dan Iran!

Senin, 13 Januari 2020 15:55 WIB 13 Januari 2020, 15:55 WIB

INDOZONE.ID - Ketegangan dua negara, antara Amerika Serikat dan Iran sedang menjadi sorotan dunia saat ini. Bahkan, tak sedikit pihak yang memperkirakan kalau ketegangan di antara keduanya bisa melahirkan peperangan yang jauh lebih besar.

Ketegangan yang hasilkan isu perang dunia ketiga ini, muncul kembali setelah tewasnya Jenderal militer Iran bernama Qassem Soleimani, dalam serangan Amerika Serikat pada saat perwira militer senior Iran ini sedang berada di Iraq.  

Bicara tentang perang, kekuatan militer dari suatu negara menjadi salah satu hal yang begitu berpengaruh. Amerika Serikat dan Iran memiliki kekuatan militernya masing-masing.

Lalu kekuatan militer seperti apa yang mereka miliki? Berikut Indozone rangkum dari berbagai sumber, perbandingan kekuatan militer Amerika Serikat dan Iran.

Jumlah Personel

perbandingan kekuatan militer amerika serikat dan iran
Ilustrasi tentara. (Pixabay/Defence-Imagery)

Dilansir dari situs Global fire Power, yakni situs yang menyajikan statistik militer dari berbagai negara, tercatat bahwa Amerika Serikat memiliki sekitar 2.141.900.

Sedangkan Iran memiliki jumlah yang lebih sedikit dari pada Amerika Serikat, yakni 873.000 personel, di mana jumlah tesebut tak mencapai setengah dari jumlah personel Amerika Serikat!

Anggaran Militer

perbandingan kekuatan militer amerika serikat dan iran
Ilustrasi uang. (Pixabay/S K)

Setiap negara tentu punya anggaran masing-masing, hal tersebut juga menjadi salah satu faktor dari kekuatan militer itu sendiri, diperkirakan bahwa Amerika Serikat dibekali anggaran militer sekitar US$610 miliar.

Semetara Iran memiliki anggaran militer yang jauh lebih kecil yakni sekitar US$14 miliar.

Kekuatan Udara

perbandingan kekuatan amerika serikat dan iran
Ilustrasi pesawat tempur. (Pixabay/WikiImages)

Unit udara yang dimiliki antara Amerika Serikat dan Iran, memiliki selisih jumlah unit yang terbilang sangat jauh.

Total unit yang dimiliki oleh Amerika Serikat yakni sekitar 12.304 unit yang terdiri dari helikopter, pesawat penyerang, pesawat tempur, dan pesawat tempur multifungsi.

Sedangkan Iran hanya memiliki sekitar 850 unit udara yang terdiri dari helikopter, pesawat penyerang, pesawat tempur, dan pesawat tempur multifungsi.

Kekuatan Laut

perbandingan kekuatan militer amerika serikat dan iran
Ilustrasi kapal laut. (Pixabay/Defence-Imagery)

Masing-masing baik Amerika Serikat maupun Iran, tentu punya pertahanan laut yang dilengkapi dengan sejumlah unit-unit canggih.

Diperkirakan, Amerika Serikat memiliki 437 Kapal militer, 20 kapal pembawa pesawat, 85 kapal penghancur dan 71 kapal selam. Sedangkan kekuatan laut Iran dilengkapi sekitar 398 unit kapal yang termasuk untuk kapal selam dan kapal ranjau.

Kekuatan Darat

perbandingan kekuatan militer amerika serikat dan iran
Ilustrasi kendaraan lapis baja. (Pixabay/Ichigo121212)

Amerika Serikat memiliki 7.200 hulu ledak nuklir di gudang senjatanya, dilengkapi dengan 6393 tank, sarat dengan 41.760 kendaraan tempur lapis baja, 3.269 artileri, dan 950 self-propelled guns.

Sedangkan kekuatan darat Iran terdiri dari total sekitar 8.577 unit yang terdiri dari tank tempur, proyektor roket, self-propelled artileri, towed artileri, dan kendaraan tempur lapis baja.


Itulah perbandingan kekuatan militer antara kedua negara, yakni Amerika Serikat dan juga Iran! Bagaimana pendapat kamu guys?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Yulia Marianti
Fauzi

Fauzi

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU