Ini Perbandingan Kekuatan Militer Amerika Serikat dan Iran!

- Senin, 13 Januari 2020 | 15:55 WIB
Ilustrasi tentara. (Pixabay/Military_Material)
Ilustrasi tentara. (Pixabay/Military_Material)

Ketegangan dua negara, antara Amerika Serikat dan Iran sedang menjadi sorotan dunia saat ini. Bahkan, tak sedikit pihak yang memperkirakan kalau ketegangan di antara keduanya bisa melahirkan peperangan yang jauh lebih besar.

Ketegangan yang hasilkan isu perang dunia ketiga ini, muncul kembali setelah tewasnya Jenderal militer Iran bernama Qassem Soleimani, dalam serangan Amerika Serikat pada saat perwira militer senior Iran ini sedang berada di Iraq.  

Bicara tentang perang, kekuatan militer dari suatu negara menjadi salah satu hal yang begitu berpengaruh. Amerika Serikat dan Iran memiliki kekuatan militernya masing-masing.

Lalu kekuatan militer seperti apa yang mereka miliki? Berikut Indozone rangkum dari berbagai sumber, perbandingan kekuatan militer Amerika Serikat dan Iran.

Jumlah Personel

-
Ilustrasi tentara. (Pixabay/Defence-Imagery)

 

Dilansir dari situs Global fire Power, yakni situs yang menyajikan statistik militer dari berbagai negara, tercatat bahwa Amerika Serikat memiliki sekitar 2.141.900.

Sedangkan Iran memiliki jumlah yang lebih sedikit dari pada Amerika Serikat, yakni 873.000 personel, di mana jumlah tesebut tak mencapai setengah dari jumlah personel Amerika Serikat!

Anggaran Militer

-
Ilustrasi uang. (Pixabay/S K)

 

Setiap negara tentu punya anggaran masing-masing, hal tersebut juga menjadi salah satu faktor dari kekuatan militer itu sendiri, diperkirakan bahwa Amerika Serikat dibekali anggaran militer sekitar US$610 miliar.

Semetara Iran memiliki anggaran militer yang jauh lebih kecil yakni sekitar US$14 miliar.

Kekuatan Udara

-
Ilustrasi pesawat tempur. (Pixabay/WikiImages)

 

Unit udara yang dimiliki antara Amerika Serikat dan Iran, memiliki selisih jumlah unit yang terbilang sangat jauh.

Total unit yang dimiliki oleh Amerika Serikat yakni sekitar 12.304 unit yang terdiri dari helikopter, pesawat penyerang, pesawat tempur, dan pesawat tempur multifungsi.

Sedangkan Iran hanya memiliki sekitar 850 unit udara yang terdiri dari helikopter, pesawat penyerang, pesawat tempur, dan pesawat tempur multifungsi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X