8 Hal Biasa yang Tak Boleh Dilakukan Wanita 1 Abad Lalu
Kiri: ilustrasi wanita belanja (pexels/Brett Sayles). Kanan: Wanitaikut pemilihan (Reader's Digest)
Life

8 Hal Biasa yang Tak Boleh Dilakukan Wanita 1 Abad Lalu

Rabu, 26 Februari 2020 16:02 WIB 26 Februari 2020, 16:02 WIB

INDOZONE.ID - Kaum hawa dikenal sebagai makhluk kuat dan tak takut pada apapun. Itulah kenapa banyak wanita yang berani untuk pergi dan melakukan aktivitas sendirian tanpa kehadiran seorang teman.

Mulai dari berbelanja hingga menggunakan moda transportasi sendirian. Wanita tak akan canggung dan takut meski tak ada teman di sampingnya.

Ini adalah salah satu bukti bahwa wanita bisa mandiri meskipun sendiri. Tak hanya itu, wanita juga kini bebas memilih pekerjaan yang dulunya hanya boleh dilakoni oleh kaum pria saja.

Misalnya saja menjadi seorang tentara. Dulu, wanita di beberapa negara tak boleh melakoni pekerjaan ini. Mereka boleh masuk dalam institusi keamanan negara jika benar-benar diperlukan.

Berkaitan itu, sebenarnya ada sejumlah hal yang di zaman sekarang dinilai sangat biasa, tapi dilarang pada satu abad lalu. Mau tau apa saja? berikut ini ulasannya.

1. Belanja sendiri

sepatu
ilustrasi wanita membeli sepatu (pexels/Alexandra Maria)

Satu abad yang lalu, para wanita tidak diperbolehkan untuk pergi belanja sendiri. Saat meninggalkan rumah, mereka harus ditemani oleh seorang pria untuk melindunginya.

2. Ikut dalam pemilihan

vote
ilustrasi wanita ikut pemilihan (BRAVA Magazine)

Dahulu, wanita tidak diperbolehkan untuk ikut dan terlibat dalam hal-hal yang berbau politik. Para pria zaman dulu meyakini bahwa wanita diciptakan untuk tak terjun dalam dunia politik.

3. Menjadi seorang tentara

wanita
ilustrasi tentara wanita (The Balance Careers)

Satu abad yang lalu, sebelum emansipasi wanita digaungkan, para wanita tidak dibolehkan untuk menjadi tentara. Wanita bisa menjadi seorang tentara jika negara benar-benar membutuhkannya, yaitu pada saat perang.

4. Memakai celana

clana
ilustrasi wanita memakai celana (pexels/Elle Hughes)

Siapa sangka jika dulu, para wanita tidak diperbolehkan untuk memakai celana. Mereka hanya boleh menggunakan rok. Zaman dulu, celana dianggap sebagai simbol maskulinitas dan pemberontakan.

5. Tak boleh bepergian ke luar negeri tanpa suami

trave
ilustrasi wanita yang hendak pergi travelling (pexels/Element5 Digital)

Dulu, wanita yang sudah menikah harus memiliki paspor bersama dengan suaminya. Para wanita yang sudah bersuami tak diizinkan untuk pergi ke luar negeri tanpa kehadiran suaminya.

6. Dipecat dari pekerjaan jika hamil

kerja
ilustrasi wanita hamil bekerja (CareerBuilder)

Dulu, di Amerika Serikat, wanita yang sedang mengandung mengalami diskriminasi dari perusahaan. Wanita hamil tak akan diterima bekerja atau bisa dipecat dari perusahaan.

7. Jadi pengacara

kejra
ilustrasi wanita yang bekerja sebagai pengacara (unsplash/Mateus Campos Felipe)

Di zaman sekarang ini, mudah kita temukan pengacara perempuan. Tapi dulu, wanita justru tak diperbolehkan untuk menjadi pengacara.

Mereka hanya dapat izin untuk sekolah hukum, tapi tak boleh jadi pengacara.

8. Tak bisa memiliki rekening dan kartu kredit

kartu
ilustrasi wanita memegang kartu kredit (pexels/Andrea Piacquadio)

Satu abad yang lalu, para wanita tidak bisa memiliki rekening dan kartu kredit sendiri. Wanita yang belum menikah biasanya akan meminta ayahnya untuk menandatangani dokumen dan kepentingan lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Putri
Zega

Zega

Editor
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU