The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

7 Alasan Dasar Mengapa Kita Perlu Memiliki Tujuan Hidup
Quotes hidup (Freepik)
Life

7 Alasan Dasar Mengapa Kita Perlu Memiliki Tujuan Hidup

Kamis, 06 Agustus 2020 07:00 WIB 06 Agustus 2020, 07:00 WIB

INDOZONE.ID - Setiap motivator selalu mengajarkan pentingnya memiliki tujuan hidup. Mereka semua memberi tau kamu bahwa hidup tanpa tujuan bukanlah cara hidup yang tepat.

Tidak ada yang salah. Faktanya, apa yang mereka katakan adalah 100% benar. Namun semua itu tidak mudah dilakukan. Ketika kamu berjuang untuk mencari motivasi yang kamu butuhkan untuk menemukan tujuan hidup, diperlukan banyak upaya untuk mengubah cara hidup dan berpikir kamu.

Apa motivasi yang lebih besar daripada memberi tau kamu semua alasan mengapa hidup tanpa tujuan bisa menyakiti kamu?

Berikut ini adalah 7 alasan mendasar yang akan memberi kamu motivasi yang cukup untuk melanjutkan pencarian tujuan hidup kamu.

1. Hidup Tanpa Tujuan Tidak Memiliki Arti

Ilustrasi tujuan hidup
Ilustrasi tujuan hidup (photo/Pixabay/burrough)

Pernahkah kamu takut menjalani kehidupan yang tak berarti? Jika tidak, kamu mungkin tidak tau seberapa menyiksanya kehidupan semacam itu.

Bayangkan jika seseorang tidak ingin bangun setiap pagi tetapi juga tidak ingin tidur di malam hari. Tidak ada keinginan untuk bekerja, tidak ada kesenangan, tidak ada teman, dan tidak ada alasan untuk terus hidup.

Pikiran kosong tanpa memikirkan apa pun. Kurangnya emosi, dan tidak ada yang dinanti-nantikan.

Ya, itu jelas kehidupan yang menyedihkan. Itulah yang akan kamu rasakan jika menjalani hidup tanpa tujuan.

Kurangnya tujuan berarti tidak ada yang mengarahkan kamu ke mana. Kamu benar-benar tidak punya tempat untuk pergi, dan bahkan kamu merasa tersiksa selama perjalanan

Mengapa kamu ingin mengalami kehidupan semacam itu?

Bahkan ketika kamu memiliki tujuan, mereka sangat serampangan. Satu tujuan bertentangan dengan yang lain. Kamu berada di kondisi tanpa arah sama sekali. Kehidupan tanpa tujuan sama artinya dengan hal ini.

Namun, begitu kamu memiliki gagasan yang jelas tentang mengapa kamu hidup, kamu akan memiliki sesuatu yang sangat ingin kamu miliki. Setiap langkah akan terasa berarti. Bahkan jalan-jalan akan menjadi menyenangkan karena kamu tahu itu mengarahkan kamu ke tempat yang seharusnya.

2. Tanpa Tujuan, Kamu Akan Dipenuhi Dengan Kecemasan

Ilustrasi kecemasan
Ilustrasi kecemasan (photo/Unsplash/Fernando @cferdo)

Apakah kamu sering mengalami kegelisahan? Kemungkinan besar ini terjadi karena kurangnya tujuan hidup.

Kehidupan tanpa tujuan hidup tidak masuk akal. Setiap tindakan yang kamu lakukan tidak berhubungan. Pikiran kamu tidak dapat memahami mengapa semuanya terjadi.

Kecemasan dipicu ketika pikiran seseorang berpikir hidup mereka dalam bahaya. Jadi ketika kamu tidak memiliki tujuan hidup, otak kamu menerjemahkan kurangnya hubungan menjadi ancaman bagi kehidupan. Apa pun yang tidak cocok akan terasa berbahaya.

Sebaliknya, jika pikiran kamu dapat menghubungkan tindakan kamu dengan tujuan yang koheren, semuanya cenderung lebih masuk akal. Kamu akan merasa lebih tenang dan tidak terlalu cemas.

3. Motivasi Adalah Mimpi yang Sudah Lama Hilang

Ilustrasi motivasi
Ilustrasi motivasi (photo/Pexels/Ihsan Aditya)

Satu hal yang dibutuhkan setiap manusia yang ingin sukses adalah banyak motivasi.

Untuk gambaran yang lebih jelas, lihatlah dari sudut pandang bahwa kamu memang memiliki tujuan hidup yang jelas. Apa fungsinya? Hal ini meningkatkan otak kamu untuk bekerja lebih keras. Setiap langkah membuat kamu merasa lebih dekat dengan tujuan akhir kamu. Secara otomatis hal ini akan mendorong kamu untuk hidup lebih baik.

Tanpa tujuan, kamu tidak akan pernah bisa mengukur pencapaian kamu. Karena kamu tidak tau apa yang menuntun kamu, kamu menganggapnya tidak berarti. Tetapi ketika kamu sadar akan hasil yang diharapkan, kemajuan terkecil pun akan memberikan motivasi kepada kamu.

Kamu bisa mencoba semua kiat meningkatkan motivasi, tetapi yang paling akan bekerja dengan baik adalah menemukan tujuan hidup dan berusaha mencapainya.

4. Kurang Fokus Membuat Kamu Tidak Berkembang

Ilustrasi fokus
Ilustrasi fokus (freepik)

Setiap bidang, karir, dan hubungan membutuhkan perkembangan. Dari mana pertumbuhan ini berasal? Kamu bisa memiliki akses ke sumber pengetahuan terbaik, namun ketika pikiran kamu tidak dalam kondisi menyerap informasi tersebut, kamu tidak akan berkembang.

Demikian pula, jika kamu fokus, kamu dapat mempelajari sesuatu yang berharga bahkan dari peristiwa yang tidak terjadi.

Pada dasarnya, tujuan hidup akan membuat kamu bekerja dalam satu arah. Kamu dapat mengambil belokan sana-sini, tetapi hasil akhirnya kamu ketahui.

Dengan fokus yang jelas pada hal-hal yang benar, kamu dapat dengan mudah melewati ketidaknyamanan kecil dalam hidup. Hal-hal penting akan selalu menjad fokus kamu. Tujuan hidup yang telah ditentukan akan membuat kamu bekerja dengan baik, lebih keras, dan lebih efektif.

5. Sukses Tidak Dapat Dicapai dalam Kehidupan Tanpa Tujuan

Ilustrasi sukses
Ilustrasi sukses (photo/Unsplash/bruce mars)

Segala sesuatu yang kamu baca sejauh ini secara langsung berkontribusi pada kesuksesan atau kegagalan kamu. Jadi, kedamaian mental, motivasi, dan fokus semuanya penting untuk menjadi sukses.

Kamu mungkin memiliki visi dalam pikiran ketika kamu tidak memiliki tujuan hidup. Kamu bahkan mungkin telah mendorong diri secara maksimal untuk tetapi fokus ke arah yang kamu pikir tepat.

Sebagai contoh:

Kamu menuju ke New York, tetapi kamu berada di jalan yang salah. Kamu melewati jalan sempit yang terlalu gelap untuk dilihat, tetapi kamu terus berjalan.

Mobil kamu mogok dan tidak ada bengkel di dekatnya. Namun, kamu mendorong mobil kamu sejauh mungkin. Kamu dapat pergi selama yang kamu ingingkan tetapi kamu tidak akan pernah mencapai New York.

Maksudnya adalah tanpa mengetahui apa tujuan hidup kamu, tidak peduli seberapa keras kamu bekerja, itu akan sia-sia. Jika kamu menemukan jalan yang benar, kamu mungkin tidak perlu bekerja setengah keras untuk mencapai hasil yang kamu inginkan.

6. Hidup Tanpa Tujuan akan Mempengaruhi Kesehatan Fisik

Ilustrasi kesehatan fisik
Ilustrasi kesehatan fisik (photo/Pexels/Andrea Piacquadio)

Kehidupan tanpa tujuan kana memengaruhi lebih dari sekedar kesehatan mental kamu. Hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik kamu.

Pertama-tama, tekanan pada pikiran kamu secara otomatis diterjemahkan ke tubuh fisik kamu. Stres yang terus-menerus mungkin dapat menyebabkan rambut rontok, jerawat, penurunan berat badan, penambahan berat badan, dan lainnya.

Penelitian telah membuktikan bahwa orang-orang dengan tujuan hidup yang jelas dapat hidup lebih lama daripada mereka yang melanjutkan hidup tanpa tujua. Orang-orang dengan tujuan hidup yang jelas mampu mentolerir lebih banyak rasa sakit dan juga memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Yang lebih berbahaya adalah orang yang tidak memiliki tujuan hidup 2,4 kali lebih mungkin terkena penyakit Alzheimer.

Alasannya mungkin karena orang yang tidak memiliki tujuan hidup kehilangan harapan dan tidak memiliki apa pun untuk dinanti. 

7. Tanpa Tujuan, Hidup Tidak akan Menyenangkan

Ilustrasi hidup yang menyenangkan
Ilustrasi hidup yang menyenangkan (photo/Unsplash/Lidya Nada)

Kehidupan sosial berperan besar bagi tujuan hidup seseorang. Orang-orang yang menjalani kehidupan tanpa tujuan cenderung lebih kesepian. Bahkan jika mereka bergabung dalam pertemuan sosial, mereka cenderung tidak menikmatinya.

Orang-orang seperti ini tidak dapat menikmati hal-hal menyenangkan di sekitar mereka. Otak mereka tidak mampu memahami emosi. Ini tidak berarti bahwa keadaan mereka tidak cukup baik. 

Kesimpulan

Setiap alasan di atas ini terbukti terjadi karena seseoang tidak memiliki tujuan hidup. Setiap alasan menyebabkan gaya hidup menjadi kacau. Tak seorang pun ingin menjalani kehidupan seperti ini dengan sengaja.

Kita telah diberikan waktu yang singkat untuk hidup di dunia. Jadi daripada menyia-nyiakan kehidupan tanpa tujuan ini, sudah saatnya kita berusaha untuk menemukan tujuan dan menjalani hidup yang lebih baik.

Keluar dari kehidupan yang menyakitkan ini ada di tangan kamu. Hadapilah setiap kesulitan dan perjuangan untuk mendapatkan kehidupan yang kamu inginkan!


Nah, itulah alasan mengapa kita memerlukan tujuan hidup yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
jimmy
jimmy

Jimmy

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US