The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Mengalami Sebuah Kejadian secara Kebetulan? Bisa Jadi, Inilah Penyebabnya
Ilustrasi berpikir. (Freepik)
Life

Sering Mengalami Sebuah Kejadian secara Kebetulan? Bisa Jadi, Inilah Penyebabnya

Kok bisa?

Jumat, 18 September 2020 20:49 WIB 18 September 2020, 20:49 WIB

INDOZONE.ID - Apakah kamu pernah mengalami kejadian-kejadian yang terlalu sering terjadi hingga sulit dikatakan sebagai sebuah kebetulan? Misalnya saja, setiap kali kamu selesai mencuci kendaraan, cuaca langsung menjadi tidak bersahabat dan turun hujan. Atau saat kamu sedang ingin makan sesuatu, kemudian tanpa sengaja orang terdekatmu datang dan membawakan makanan yang sedang kamu pikirkan.

Kejadian irasional yang mungkin sering kamu alami tersebut memiliki istilah yang sering dikenal sebagai synchrodestiny. Dalam tahap ekstrem, kamu akan merasa bahwa setiap kejadian yang ada di sekitarmu berasal dari apa yang sudah kamu pikirkan. 
 
Lalu, bagaimana jika kejadian seperti ini terus terjadi secara berulang-ulang? Apakah hal ini tetap dianggap sebagai sebuah kebetulan atau berkaitan dengan magical thinking? Sebenarnya tidak ada yang dapat membuktikan bahwa pikiranmu dapat mempengaruhi kejadian di sekitar. Namun, kejadian seperti ini bisa terjadi karena sugesti yang kuat dari dalam dirimu.
 
Hal seperti ini mungkin saja dapat terjadi akibat dari kekuatan pikiran. Saat kamu memiliki keinginan atau keyakinan yang sangat kuat, lalu seketika langsung merelakannya dan tidak mengharapkan hal tersebut lagi, maka kemungkinan besar bagimu untuk mengalami synchrodestiny justru akan meningkat.
 
Akan tetapi, coba perhatikan lagi secara seksama, mungkin sebenarnya bukan pikiran kita yang mempengaruhi lingkungan. Tanpa kita sadari justru malah tubuh kita yang secara alam bawah sadar merespon sinyal-sinyal alami dari lingkungan dengan tingkat kepekaan yang sangat tinggi.
 
Misalnya saja, saat akan turun hujan, udara di sekitar akan terasa lebih lembab atau langit terlihat menjadi lebih gelap. Pada akhirnya, otak kita akan merespon hal tersebut dan mengolahnya menjadi sebuah pikiran bahwa hujan sebentar lagi akan segera datang. Lalu, saat hujan benar-benar datang, kita langsung berasumsi bahwa pikiran kita yang telah membuat hujan itu turun.
 
Sulit untuk memahami suatu fenomena jika itu merupakan sebuah peristiwa yang diluar nalar dan terlihat saling berkaitan, namun dapat terjadi tanpa memiliki hubungan sebab akibat yang jelas. Jadi bagaimana pendapatmu tentang kejadian tersebut?

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana
JOIN US
JOIN US