The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kisah Simon Cook, Bule Inggris Jago Main Suling Cinta Mati Budaya Indonesia
Simon Cook, bule Inggris sedang memainkan suling Sunda. (Dok. Pribadi)
Life

Kisah Simon Cook, Bule Inggris Jago Main Suling Cinta Mati Budaya Indonesia

Rabu, 13 Juli 2022 17:00 WIB 13 Juli 2022, 17:00 WIB

INDOZONE.ID - Banyak orang asing jatuh cinta dengan kebudayaan Indonesia, salah satunya adalah Simon Cook. Ia adalah warga Inggris yang juga pimpinan Sekar Enggal, grup gamelan Sunda yang anggotanya semua bule. 

Kecintaannya kepada seni Sunda tak usah diragukan lagi. Ia bahkan piawai memainkan suling Sunda. Ketertarikannya pada seni Sunda telah Simon buktikan dengan menggagas acara bertajuk “A Feast of Indonesian Music, Dance and Food bersama Sekar Enggal”. 

simon cook
Simon Cook, (berbatik biru) bule Inggris cinta budaya Indonesia. (Dok. Pribadi)

Acara pagelaran seni Sunda tersebut dilakukan di Wheatsheaf Community Hall, London, Inggris, Senin, 11 Juli 2022 lalu. Acara tersebut adalah ajang untuk mengenalkan sekaligus menampilkan kesenian Sunda seperti gamelan degung, tembang Sunda, tari merak serta beberapa tari lainnya.

Simon tak sendiri karena dibantu anggota lain seperti Matt Ashworth memainkan kendang, Brad dan Rob memainkan saron, Natasha jago main gong, Helen memegang Bonang, Andy pada kendang dan kecrek, Barley pada kacapi, Cecily pada rincik dan bonang sekaligus merangkap sinden alias juru kawih. 

inggris
Pagelaran seni Sunda di Inggris. (Dok. KBRI London)

Satu anggota Sekar Enggal bukan bule melainkan datang langsung dari Bandung yaitu Hendrawati Ashworth sebagai juru kawih. 

“Salut buat para nayaga Sekar Enggal, latihannya sangat singkat 2-3 minggu dalam beberapa pertemuan saja. Tapi penampilannya sangat maksimal dan luar biasa,” ujar Hendrawati Ashworth, juru kawih sekaligus istri dari Matt Ashworth. 

seni sunda
Pagelaran seni Sunda di Inggris. (Dok. KBRI London)

Acara ini setidaknya dihadiri 80 orang penonton. Penikmat sajian seni Sunda yang hadir mayoritas orang lokal Inggris. Selain itu Duta Besar Indonesia untuk Inggris Raya dan Irlandia Desra Percaya dan diaspora Indonesia juga datang. Para penonton tampak menikmati sajian seni Sunda. Beberapa bule bahkan ikut ngibing. 


Artikel Menarik Lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Rosi Meilani
Rosi Meilani

Rosi Meilani

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US