Ini Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas Biar Kantong Nggak Jebol
ilustrasi/pixabay
Life

Ini Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas Biar Kantong Nggak Jebol

Senin, 09 Desember 2019 14:45 WIB 09 Desember 2019, 14:45 WIB

INDOZONE.ID - Salah satu aktivitas manusia yang cukup terbantu dengan perkembangan teknologi ialah belanja. Dulu, orang-orang harus pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli sesuatu. Cara ini pastinya akan membuat kita berdesak-desakan dengan orang banyak.

Namun, kini, orang-orang tak perlu lagi repot-repot ke pusat perbelanjaan untuk membeli sesuatu. Cukup berdiam diri di rumah, mengandalkan sebuah smartphone dan aplikasi belanja online, maka orang akan dengan mudah mendapatkan barang yang diinginkannya.

Nah, buat kamu yang gemar belanja online, ada kabar gembira nih! Karena beberapa hari lagi ada perayaan Hari belanja online nasional (Harbolnas).

Puncak Harbolnas akan digelar setiap tanggal 12 Desember. Kalau sudah begini, pastinya kita ingin membeli banyak barang karena adanya diskon. Bahkan, barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan pun akan dibeli karena diskon besar-besaran ini.

Meskipun banyak diskon yang ditawarkan saat Harbolnas, kamu tetap harus hati-hati dan cermat dalam membeli barang. Jangan sampai tergiur berbagai diskon hingga membuat isi dompet terkuras.

Oleh sebab itulah, saat Harbolnas tiba, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tak mudah tergiur dengan banyaknya promo. Dilansir dari Portal diskon CupoNation, berikut ini sejumlah tips supaya tak gampang tergiur dengan banyaknya diskon di Harbolnas.

1. Ingat Harbolnas

harbolnas
ilustrasi/pexels

Terkadang, banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap hari membuat orang-orang lupa akan Harbolnas. Untuk itulah, kamu harus bisa mengingat atau membuat catatan tentang Harbolnas yang sebentar lagi akan tiba. Dengan begini, kamu akan mendapatkan barang dengan harga yang terbaik.

2. Preview dan Wishlist

belanja
ilustrasi/pixabay

Dengan membuat catatan yang berisi preview dan wishlist, dijamin kamu tak akan kalap berbelanja saat Harbolnas tiba. Daftar preview dapat membantumu dalam mengulas barang-barang yang akan kamu beli. Sedangkan wishlist, bisa digunakan sebagai fitur untuk membuat daftar belanja barang apa saja yang dibutuhkan. Sehingga saat Harbolnas tiba, kamu hanya membeli barang-barang yang sudah tertera dalam wishlistmu.

3. Rutin cek promo Harbolnas

promo
ilustrasi/pixabay

Saat perayaan Harbolnas, tepatnya pukul 00.00 kamu memiliki peluang yang cukup besar untuk mendapatkan penawaran harga terbaik dengan jumlah terbatas. Kamu bisa memasang pengingat untuk mengecek promo di saat Harbolnas tiba.

4. Pastikan barang memiliki sistem retur

belanja
ilustrasi/unsplash

Sistem retur dalam barang ini berfungsi untuk memudahkan kamu jika ingin mengembalikan barang yang sudah dibeli, karena adanya kerusakan atau tidak sesuai harapan. Dengan begini, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengganti barang yang sudah dibeli dengan produk baru.

5. Buat batasan nominal

harbolnas
ilustrasi/unsplash

Hal ini penting untuk dilakukan agar saat Harbolnas, isi kantong jadi tak jebol. Kamu harus membuat batasan nominal harga barang yang ingin dibeli. Untuk itu, belilah produk atau barang yang benar-benar kamu butuhkan. Jika nominal atau budget belanja sudah melebihi batas, sebaiknya hentikan aktivitas belanja online.

6. Cek ulang barang sebelum dibayar

promo
ilustrasi/pixabay

Harga barang yang murah sering kali membuat orang-orang mudah untuk membelinya. Padahal, sebelum melakukan pembayaran, ada baiknya jika kamu mengecek kembali barang-barang yang akan dibeli. Jangan sampai karena banyak diskon, kamu membeli barang yang tak terlalu dibutuhkan hingga berakhir mubazir.

7. Cek promo tambahan

belanja
ilustrasi/pixabay

Satu hal lagi yang kamu harus perhatikan saat belanja di Harbolnas ialah promo dari sejumlah situs berhemat. Biasanya, situs ini akan memberi penawaran dengan kode promo eksklusif atau cashback. Kode ini sudah pasti akan membantumu mendapatkan diskon tambahan dari total potongan harga pada saat check out.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Putri

Putri

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US