The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Doa Selamat di Dunia dan Akhirat Lengkap dengan Artinya
Ilustrasi memanjatkan doa selamat (photo/pexels/@abdghat)
Life

Doa Selamat di Dunia dan Akhirat Lengkap dengan Artinya

Kamis, 14 Oktober 2021 15:28 WIB 14 Oktober 2021, 15:28 WIB

INDOZONE.ID - Sebagai umat Muslim sudah seharusnya kita memanjatkan doa kepada Allah SWT yang dapat mengabulkan segala permohonan manusia.

Berdoa juga termasuk bentuk tawakal atau berserah diri kepada Allah SWT, setelah melakukan ikhtiar atau usaha, dengan tujuan agar semua usaha membuahkan hasil.

Doa tidak hanya soal meminta agar harapan yang diinginkan terwujud, namun juga bisa berupa permohonan supaya diberikan keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Bagi kamu yang hendak memanjatkan doa agar diberikan keselamatan di dunia dan di akhirat, berikut Indozone bagikan bacaan doa selamat dunia akhirat lengkap dengan latin dan artinya.

Doa selamat lengkap

doa selamat
Ilustrasi membaca doa selamat (photo/pexels/@abdghat)

Membaca doa selamat bukan hanya bertujuan untuk meminta kebaikan selama hidup di dunia, melainkan juga untuk memohon agar dijauhkan dari keburukan ketika di akhirat.

Mulai dari musibah, bencana alam, penguasa yang zalim, tipu daya orang kafir, hingga siksaan api neraka.

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa 'aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil 'ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba'dal maut. Allaahumma hawwin 'alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal 'afwa indal hisaabi.

Rabbanaa laa tuzigh quluubana ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa 'adzaa ban naar.

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah mudahkanlah kami dalam menghadapi sakratulmaut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat amal diperhitungkan.

Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka."

Doa selamat dunia akhirat dari siksa neraka

doa selamat dunia akhirat
Ilustrasi membaca doa selamat dunia akhirat dari siksa neraka (photo/pixabay/Konevi)

Kamu juga bisa memanjatkan doa memohon kebaikan di dunia dan keselamatan di akhirat dari siksaan api neraka.

Doa selamat dunia akhirat yang sering disebut sebagai doa sapu jagat ini, selalu diucapkan Rasulullah SAW dalam berbagai kesempatan.

Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannaar.

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka." (QS. Al-Baqarah: 201)

Doa keselamatan untuk keluarga

doa keselamatan
Ilustrasi berdoa untuk keselamatan keluarga (photo/pixabay/mirkobozzato)

Doa memohon keselamatan bisa dipanjatkan untuk keluarga dan kerabat terdekat selama hidup di dunia hingga nanti di akhirat.

Selain berisi permohonan keselamatan, dalam doa keselamatan ini juga terdapat permohonan maaf kepada Allah SWT.

Allaahumma innii as-alukal 'aafiyata fiddunyaa wal aakhirati. Allaahumma as-alukal 'afwa wal 'aafiyata fii diinii wa dunyaa wa ahlii wamaa lii.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami meminta kepada-Mu sehat wal 'afiyat di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya kami meminta kepada-Mu maaf dan sehat wal 'afiyat pada agamaku, duniaku, keluargaku, dan harta bendaku."

Doa selamat dari musibah dan bencana

bacaan doa selamat
Ilustrasi memanjatkan bacaan doa selamat dari musibah dan bencana (photo/pixabay/sharonang)

Jika hendak bepergian, baik jarak dekat maupun jauh, ada doa meminta selamat dari musibah dan bencana yang bisa dipanjatkan.

Bacaan doa selamat dari musibah dan bencana ini berisi permohonan agar dijauhkan dari ujian di dunia dan siksaan di akhirat.

Allahummaftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni'mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa wa abwabal 'afiyah, wa abwabal jannah.

Allahumma 'afina min kulli bala'id duniya wa 'adzabil akhirah, washrif 'anna bi haqqil Qur'anil 'azhim wa nabiiyikal karim syarrad duniya wa 'adzabal akhirah. Ghafarallahu lana wa lahum bi rahmatika ya arhamar rahimin. Subhana rabbika rabbil 'izzati 'an ma yashifun, wa salamun 'alal mursalin, walhamdulillahi rabbil 'alamin.

Artinya: "Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah dan pintu surga.

Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur'an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."


Demikianlah bacaan doa selamat di dunia dan akhirat yang lengkap dengan latin dan artinya. Semoga kita semua senantiasa diberikan keselamatan oleh Allah SWT.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Indriyana
Putri

Putri

Editor
Indriyana

Indriyana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US