The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ilustrasi Pekerjaan Gaji Besar
Pilot. (Pixabay/Thomas Fengler)
Life

Tanpa Gelar Sarjana, 5 Pekerjaan Ini Bergaji Miliaran Rupiah!

Selasa, 05 November 2019 14:33 WIB 05 November 2019, 14:33 WIB

INDOZONE.ID - Memiliki gaji tinggi merupakan impian semua orang. Banyak orang beranggapan, dengan meraih gelar sarjana dapat memperoleh penghasilan tinggi saat bekerja.

Namun faktanya tidak semua pekerjaan membutuhkan ijazah sarjana. Bahkan, ada beberapa pekerjaan yang memberikan gaji miliaran rupiah tanpa gelar sarjana.

Berikut Indozone rangkum dari berbagai sumber 5 pekerjaan dengan gaji miliaran rupiah tanpa gelar sarjana:

1. Pilot Komersial

Buat kamu yang mau jadi pilot, enggak perlu gelar sarjana. Syarat menjadi pilot hanya lulusan SMA/SMK/sederajat lho! Namun, seorang pilot harus mampu berbahasa inggris, baik itu secara lisan maupun tulisan dan paham aturan penerbangan.

pilot
(Pixabay/Zorgist)

Gaji yang akan diterima pilot pemula berkisar antara Rp180 hingga Rp240 juta per tahunnya, dan jika jam terbangnya sudah tinggi bisa mencapai Rp600 juta lho!

2. Pramugari dan Pramugara

Sama seperti pilot, kamu juga enggak perlu gelar sarjana untuk mendapatkan pekerjaan ini. Namun, ada beberapa syarat fisik yang harus kamu penuhi. Untuk pria harus memiliki tinggi badan minimal 170 cm dan wanita 160 cm, serta tak berkacamata.

pramugari
(Pixabay/StockSnap)

Gaji pramugari dan pramugara di Indonesia berkisar antara Rp96 juta hingga Rp312 juta per tahunnya, tergantung dari setiap maskapainya.

3. Operator Tenaga Reaktor Nuklir

Pekerjaan operator tenaga reaktor nuklir hanya mensyaratkan lulus SMA. Namun pekerjaan ini membutuhkan pelatihan yang panjang dengan risiko yang tinggi.

operator tenaga reaktor nuklir
(businessinsider)

Sedangkan gaji yang diterima mencapai US$93.370 atau setara dengan Rp1,31 miliar. Berikut tugas dari operator tenaga reaktor nuklir:

  1. Mengoperasikan atau mengendalikan reaktor nuklir
  2. Memindahkan batang kendali, memulai dan menghentikan peralatan
  3. Memantau dan menyesuaikan kontrol
  4. Merekam data dalam log
  5. Menerapkan prosedur darurat bila diperlukan

4. Perminyakan

Ternyata kerja di perusahaan perminyakan enggak harus punya ijazah S-1 lho! Buat kamu yang lulusan SMA/SMK/sederajat juga bisa melamar menjadi resepsionis atau bagian operator produksi.

perusahaan minyak
(Pixabay/Kristina Kasputien?)

Gaji yang diterima berkisar antara Rp60 juta hingga Rp120juta per tahunnya. Namun, kamu harus bisa berbahasa inggris ya!

5. Petugas Lalu Lintas Udara

Pekerjaan yang satu ini juga enggak memerlukan gelar sarjana kok! Tugas dari pengendala lalu lintas udara adalah memantau dan mengarahkan pergerakan pesawat.

act controller
(Pexels/Tim Gouw)

Gaji petugas lalu lintas udara ini mencapai angka Rp180 juta hingga Rp540 juta setiap tahunnya!

Nah, itu guys beberapa pekerjaan yang enggak perlu ijazah sarjana namun bergaji miliaran! Jadi jangan patah semangat mencari kerja meskipun kamu enggak punya ijazah sarjana ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Yulia Marianti
Yulia Marianti

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US