The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mendes DTT Abdul Halim Iskandar Sebut Desa Nglobo  sebagai 'Texas-nya' Indonesia!
Tampilan Desa Nglobo. (photo/Dok. Desa Nglobo)
Travel

Mendes DTT Abdul Halim Iskandar Sebut Desa Nglobo sebagai 'Texas-nya' Indonesia!

Minggu, 19 September 2021 11:47 WIB 19 September 2021, 11:47 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes DTT) yaitu Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri takjub dengan pesona Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Dia mengatakan bahwa Desa Nglobo adalah Texas-nya Indonesia. Melihat hal itu, dia memberikan komentarnya. 

"Bagus banget ini, yang paling menarik dari desa ini ada sumur Angguk. Ini Texas nya Indonesia," ungkapnya ketika melakukan kunjungan ke Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. 

Gus Menteri jkuga mengatakan bahwa jika ada film di Texas, AS pasti akan ada bagian yang ditonjolkan yaitu sumur angguk. Ini pun menunjukkan keberadaan kalau berada di Texas. 

"Gak usah jauh - jauh datang ke Texas. Ke sini aja. Ke Desa Nglobo ada banyak sumur angguknya," lanjutnya. 

"Itulah mengapa saya merasa gembira banget. Dan saya mengajak kepada seluruh warga yang ingin mendalami bagaimana eksplorasi minyak salah satunya dengan sumur angguk silahkan datang ke Desa Nglobo. Disini banyak sekali sumber belajar yang tidak dimiliki daerah lain," katanya. 

Selain sumura angguk, potensi lain pada desa ini adalah kerajinan akar kayu jati. Warga di desa ini pun memanfaatkan akar kayu jati untuk diolah menjadi kerajinan. Akar kayu jati itu biasanya hanya sebagai limbah yang tidak dimanfaatkan. 

"Akar kayu jati juga bagus. Hanya saja masih perlu sedikit sentuhan dari pemerintah daerah untuk membantu cara pemasarannya. Yang kedua peningkatan modal, karena saya melihat masih banyak potensi bahan baku yang belum tergarap," terangnya. 

Di sisi lain, Bupati Blora yaitu Arif Rohman mengatakan bahwa kunjungan Mendes DTT di Blora ini agar mendapatkan perhatian khusus dan dibina. Selain itu, Pudik Harto selaku Kepala Desa Nglobo mengatakan selain pesona sumur angguk, di desa Nglobo juga mempunyai pemandian air panas Plumpung, pemancingan kedungdoso, hingga pengolahan limbah kayu jati. 

"Kita akan mengembangkan destinasi wisata desa, kita namakan Nglobo Adventure. Ada lima destinasi yang terus kita kembangkan," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fernando Sutanto
JOIN US
JOIN US