The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Di Masa Pandemi COVID-19, Hobi Ternyata dapat Mengurangi Tingkat Stress Kamu!
Hobi membaca buku. (photo/Ilustrasi/Pexels/Andrea Piacquadio)
Fakta Dan Mitos

Di Masa Pandemi COVID-19, Hobi Ternyata dapat Mengurangi Tingkat Stress Kamu!

Jumat, 10 September 2021 14:35 WIB 10 September 2021, 14:35 WIB

INDOZONE.ID - Menekun hobi yang sesuai dengan pandemi COVID-19 ini penting untuk mengurangi stress. Ini diungkapkan oleh dokter saraf Dewanta Sembiring dari Universitas Sam Ratulangi, Manado. Melihat hal itu, dia memberikan komentarnya. 

"Agar hidup lebih sehat, kita harus menghindari stres, salah satunya dengan menjalani hobi. Me time harus ada," ungkapnya. 

Stress sendiri adalah reaksi normal untuk setiap orang. Gejalanya  akan bervariasi pada setiap orang. Ada yang merasa jantungnya berdebar-debar, dan ada juga yang pusing, bahkan mengalami diare. Apa pun gejala yang dirasakan, stress haruslah dikontrol secara bijak oleh setiap orang. 

"Misalnya kita perlu melihat segala permasalahan dari sudut yang lain, kalau perlu curhat sama teman atau saudara, penting juga mendekatkan diri dengan Tuhan," lanjutnya. 

Stress sendiri tak hanya disebabkan oleh hal-hal buruk atau kejadian yang tidak diinginkan. Tekanan ini juga bisa disebabkan oleh kejadian membahagiakan. Faktor-faktor lain agar hidup ssehat pada masa pandemi ini adalah istirahat yang cukup yaitu sekitar 6-8 jam per harinya dan kontrol ke dokter secara rutin. 

Selain itu, pengontrolan pola makan juga harus dilakukan. Dia ingatkan untuk mengonsumsi garam dan gula secukupnya, jangan berlebihan untuk kurangi risiko hipertensi. Makanan asin yang buat ketagihan, seperti dengan kripik, makanan kaleng, minuman soda, juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu banyak. 

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk mengurangi makanan serta minuman yang manis. Ini dilakkukan untuk mencegah risiko akan diabetes. Gaya hidup seperti dengan olahraga teratur juga perlu dilakukan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US