The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Izinkan Saipul Jamil Tampil di Televisi, Anggota DPR: KPI Seharusnya dengarkan Publik!
Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi. (Instagram/@bobbyrizaldiofficial)
News

Izinkan Saipul Jamil Tampil di Televisi, Anggota DPR: KPI Seharusnya dengarkan Publik!

Dikritik.

Minggu, 12 September 2021 09:44 WIB 12 September 2021, 09:44 WIB

INDOZONE.ID - Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi angkat bicara mengenai Komisi Penyiaran Indonesia yang memperbolehkan mantan terpidana kasus pencabulan Saipul Jamil tampil di televisi dengan alasan edukasi.

Bobby mengakui memang secara norma hukum tidak ada pelarangan, namun dari sisi norma kepantasan sejatinya perlu menjadi pertimbangan. Sebab, kata dia, publik sudah secara lantang menolak Saipul Jamil untuk hadir di stasiun televisi.

"Saya kira yang diminta KPI, rasanya tidak mungkin dilakukan stasiun TV, apalagi bila kontennya menampilkan yang bersangkutan untuk kejahatannya ini. Yah dalam kata lain, sudahlah, kalau masih ada stasiun TV, radio, media siar lain yang nekat masih mau nyoba menyiarkan yang bersangkutan, akan berhadapan langsung dengan publik," kata Bobby kepada wartawan dikutip Minggu (12/9/2021).

Politikus Partai Golkar ini berkata, media yang masih nekat untuk menampilkan Saipul Jamil pastinya riskan akan melakukan gerakan sosial mandiri yang nantinya bakal merugikan citra media siar itu sendiri.

Lebih lanjut, menurut dia KPI harus mampu menyerap aspirasi publik terhadap polemik Saipul Jamil ini apalagi yang bersangkutan mantan terpidana kejahatan seksual.

"Tapi KPI harus mampu menyerap aspirasi publik, ini bukan soal ex terpidana, tapi soal yang bersangkutan terkait kejahatan seksual yang diprotes masyarakat apapun kontennya," tegas dia.

Dia menekankan KPI harus memiliki sikap tegas kepada figur Saipul Jamil. Sehingga tak membuat masyarakat bingung dengan argumentasi yang digenaralisir mengingat artis dangdut tersebut adalah mantan terpidana kasus kejahatan seksual.

"KPI harus tegas kepada figur yang bersangkutan, jangan bikin masyarakat bingung dengan argumentasi-argumentasi yang digeneralisir. Soal yang bersangkutan dengan predikat ex terpidana hukum, dalam konteks ini berbeda, merujuk respons masyarakat/publik," tandasnya.

Sebelumnya Ketua KPI Pusat, Agung Suprio menyebutkan jika dirinya dan KPI tak melarang pedangdut Saipul Jamil untuk tampil di televisi. Hal tersebut berkaitan dengan Hak Asasi Manusia (HAM), mengingat Saipul Jamil memang merupakan pencari nafkah di dunia hiburan.

Meski begitu, terdapat beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan oleh Saipul Jamil sebelum dirinya boleh tampil di televisi. Salah satunya, ia hanya bisa menghadiri undangan sebagai narasumber untuk kepentingan edukasi bahaya predator.

BACA JUGA: Polisi Sebut Ada Dugaan Kelalaian Dalam Kasus Kebakaran Lapas Tangerang

Hal itu Ketua KPI sampaikan saat berbincang dengan Deddy Corbuzier di Podcast yang bertakjub 'GUE WAKILKAN RIBUT SAMA KETUA KPI??dari pelecehan sampai SAIPUL JAMIL', di Kanal Youtube, Kamis (9/9).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Harits Tryan Akhmad
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US