Identifikasi Warga Tak Pakai Masker, Layanan Web Baidu Gunakan AI

- Rabu, 19 Februari 2020 | 22:37 WIB
Ilustrasi teknologi AI. (photo/Flickr/ Mike MacKenzie)
Ilustrasi teknologi AI. (photo/Flickr/ Mike MacKenzie)

Akibat dampak dari virus corona, pemerintah Tiongkok telah menyarankan warganya untuk memakai masker agar menghindari terjadinya penyebaran virus tersebut. Selain itu, pihaknya juga telah menerapkan kewajiban bagi orang-orang untuk mengenakan topeng di area luar publik seperti mal, restoran dan transportasi umum.

Karena masih banyak masyarakat yang masih tidak suka memakai masker di area terbuka, kini pemerintah Tiongkok menggunakan teknologi AI untuk menegaskan peraturan tersebut.

Dikutip melalui Ubergizmo, layanan web Baidu akan merilis sistem AI yang dapat membantu untuk mengindentifikasi orang yang tak menggunakan masker di depan umum.

-
Seorang sekuriti yang sedang memeriksa warga demi mengantisipasi virus corona. (photo/REUTERS/Martin Pollard)

Perusahaan tersebut mengklaim bahwa teknologi itu telah dilatih lebih dari 100.000 gambar dan memiliki keakuratan sebesar 96.5 persen.

Di sisi lain, beberapa orang menilai bahwa keputusan ini agak berlebihan. Namun, karena tak ingin lebih menambah korban, pemerintah Tiongkok melalukan tindakan tersebut. Penegasan itu untuk menjaga diri mereka sendiri dan orang lain agar tetap aman dari penyebaran virus corona.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X