Sri Mulyani Mengakui Virus Corona 'Infeksi' Perekonomian RI
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui virus corona mulai mengganggu perekonomian Indonesia (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto).
News

Sri Mulyani Mengakui Virus Corona 'Infeksi' Perekonomian RI

Mulai lesu.

Rabu, 19 Februari 2020 22:03 WIB 19 Februari 2020, 22:03 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengakui wabah virus corona (covid-19) yang mewabah di Tiongkok dan sejumlah negara lain mengganggu perekonomian Indonesia. 

Pelemahan ekonomi di Tiongkok yang diakibatkan terganggunya proses produksi, berdampak pada pelemahan di berbagai negara, antara lain Amerika Serikat (10% intermediate goods berasal dari Tiongkok) dan kawasan Asia termasuk Indonesia (40% intermediate goods berasal dari Tiongkok). 

Bahkan, IMF memperkirakan akan terjadi lagi pemangkasan pertumbuhan ekonomi global tahun 2020 dalam persentase 0,1%-0,2%.

"Ini yang buat dinamika dalam sebulan terakhir yang sebelumnya kita optimis, sekarang terhantui oleh masalah yang begitu cepat dan center-nya di Tiongkok. Kala itu kena dampak trade war, sekarang ada virus corona. Sehingga 2020 forecast-nya masih ada down side risk. IMF mengatakan dari 3,3% mungkon akan ada koreksi 0,1-0,2% untuk pertumbuhan ekonomi global," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (19/2/2020). 

Sri Mulyani mengatakan pemerintah bakal mendorong kementerian dan lembaga, serta pemerintah daerah untuk mengakselerasi belanja terutama pada awal 2020. 

“APBN kita terus-menerus mencoba merespons dengan melakukan rekalibrasi untuk melakukan stabilisasi counter cyclical dalam rangka memperbaiki pemerataan dan alokasi," tuturnya. 

Sri Mulyani menginginkan pemerintah juga berusaha menciptakan pelayanan publik, dan memberikan dorongan pada sektor-sektor yang dianggap perlu mendapatkan perhatian. 

"Omnibus Law di bidang cipta (lapangan) kerja dan berbagai reformasi sektor riil yang dilakukan oleh kementerian atau lembaga terkait, kita harapkan akan menyumbang confidence momentum positif," tuturnya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Ivanrida
Sigit Nugroho
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU