The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hati-hati, Ini 7 Bahaya Dehidrasi pada Anak, Salah Satunya Picu Kerusakan Organ Vital
Ilustrasi anak-anak minum air putih. (Freepik)
Health

Hati-hati, Ini 7 Bahaya Dehidrasi pada Anak, Salah Satunya Picu Kerusakan Organ Vital

Yuk rajin minum air putih.

Sabtu, 13 Juni 2020 08:49 WIB 13 Juni 2020, 08:49 WIB

INDOZONE.ID - Dehidrasi pada terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Bahkan anak-anak tergolong rentan mengalami dehidrasi. Hal ini dikarenakan 70-75 persen tubuh anak terdiri dari air.

Spesialis anak konsultan, Dr. dr Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) mengatakan, ada banyak masalah yang bisa terjadi pada anak ketika mengalami dehidrasi. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Masalah Performa Fisik

anak-anak
Ilustrasi anak-anak. (Freepik)

Anak cenderung lebih aktif dibandingkan orang dewasa sehingga cairan yang dikeluarkan tubuh juga banyak. Apabila anak mengalami dehidrasi, maka dirinya bisa mengalami penurunan performa fisik. Mulai dari daya tahan otot berkurang, makin cepat capek, regulasi suhu tubuh terganggu, hingga stres oksidatif meningkat.

"Jadi badan tidak berfungsi dengan normal dan lebih terpengaruh dengan oksidan dari luar," ujar dr Ariani dalam siaran langsung 'JOHNSON’S® Virtual Expert Class : Bahaya Dehidrasi Pada Si Kecil dan Penanganannya'.

2. Penurunan Performa Kognitif

"Dehidrasi pada anak bisa berbahaya terutama pada usia sekolah. Dehidrasi bisa menurunkan mood anak jadi cranky, konsentrasi terganggu, tidak waspada dengan sekitar, dan sering lupa. Kemampuan arimatika dan psikomotoriknya juga terganggu, dan anak tidak sadar penuh," kata dr Ariani.

3. Gangguan Fungsi Saluran Cerna

anak-anak

Ilustrasi anak-anak. (Freepik)

Cairan dibutuhkan oleh usus untuk menyerap makanan. Jika tubuh kekurangan cairan, maka kemampuan absorpsi atau penyerapan tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit pada anak.

4. Memicu Kerusakan Ginjal

Saat jumlah air di dalam tubuh tidak cukup, maka ginjal tidak bisa menyaring racun dengan baik. Akibatnya racun bisa tertumpuk di dalam badan dan menyebabkan kerusakan ginjal.

5. Gangguan Jantung

anak-anak
Ilustrasi anak-anak. (Freepik)

Jumlah air sangat berpengaruh pada volume darah yang dipompa oleh jantung dan fungsi jantung lainnya. Kalau anak kekurangan cairan maka bisa mudah pingsan.

6. Sakit Kepala

"Dehidrasi adalah salah satu pencetus sakit kepala, migrain. Jadinya anak mengalami iritabilitas, gampang marah," ucap dr Ariani.

7. Kulit Kering

anak-anak
Ilustrasi anak-anak. (Freepik)

Kulit terdiri dari 30% air. Apabila kekurangan cairan, maka kulit bisa menjadi kering dan elastisitasnya berkurang.

 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US