The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Sayuran Ini Sumber Beta Karoten Tinggi, Tambah Kekebalan Tubuh
Wortel yang merupakan salah satu jenis sayuran beta karoten. (Photo/Freepik)
Health

5 Sayuran Ini Sumber Beta Karoten Tinggi, Tambah Kekebalan Tubuh

Selasa, 12 Januari 2021 18:45 WIB 12 Januari 2021, 18:45 WIB

INDOZONE.ID - Daya tahan tubuh menjadi salah satu fokus perhatian masyarakat saat ini.

Menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar dilakukan banyak orang agar terhindar dari serangan virus yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Apalagi saat ini virus corona masih mewabah di Indonesia. Selain rajin menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan, masyarakat juga dihimbau untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu di samping berolahraga, kamu juga bisa menambah imunitas dengan mengonsumsi sayuran penambah kekebalan tubuh.

Berikut rekomendasi yang INDOZONE berikan untuk kamu. Catat ya!

1. Bayam

Pasti kamu sudah sering kan mendengar manfaat sayur ini?

Sayuran Sumber Beta Karoten Tinggi
Bayam. (Photo/Freepik)

Bayam memberikan manfaat yang begitu banyak untuk tubuh, salah satunya meningkatkan kontrol glukosa darah pada penderita diabetes, menurunkan risiko kanker, dan meningkatkan kesehatan tulang.

Baca Juga : Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan, dapat Mengontrol Gula Darah

Manfaat ini datang dari kandungan sehat yang ada di dalam bayam, di antaranya vitamin K, serat, fosfor, dan tiamin. Sebagian besar kalori dalam bayam berasal dari protein dan karbohidrat.

2. Wortel

Sayuran Sumber Beta Karoten Tinggi
Wortel. (Photo/Freepik)

Wortel menjadi salah satu bahan makanan yang mudah diolah. Maka dari itu jangan lewatkan untuk mengonsumsi sayuran ini. Apalagi di dalamnya terdapat beta karoten. Selain itu wortel juga menjadi sumber vitamin A yang sangat baik dalam bentuk beta karoten.

 Di samping itu, kandungan seperti vitamin B yang vitamin K dan kalium ada di dalam wortel. Semakin lengkap karena wortel terdiri dari 10% karbohidrat yang terdiri dari pati, serat, dan gula sederhana.

3. Selada

Sayuran Sumber Beta Karoten Tinggi
Ilustrasi Selada. (Photo/Freepik)

Sebagai pencinta burger pasti kamu nggak asing melihat sayur yang satu ini, bukan? Harus ditegaskan untuk kamu tidak membuang selada. Pasalnya sayuran ini menjadi sumber beta karoten, sejumlah besar vitamin A dan K.

Walaupun rendah serat, selada memiliki kandungan air yang tinggi. Selada juga menyediakan kalsium, kalium, vitamin C, dan folat.
Dengan rasa yang netral, selada cocok untuk dicampur dengan aneka menu makan. Untuk mendapatkan kesegarannya, kamu bisa mengolahnya menjadi salad.

4. Peterseli

Sayuran Sumber Beta Karoten Tinggi
Peterseli. (Photo/Freepik)

Sayuran ini bisa merupakan salah satu jenis yang rendah kalori dan padat nutrisi lho. Apalagi peterseli juga masuk dalam golongan sayuran yang mengandung beta karoten tinggi. Daun ini sangat kaya akan vitamin K, A, dan C. Peterseli mengandung banyak antioksidan kuat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Antioksidan utama dalam peterseli adalah flavonoid, karotenoid, dan vitamin C. Beta karoten dan lutein adalah dua antioksidan yang dikenal sebagai karotenoid.

Nah biasanya daun ini dimanfaatkan sebagai penyedap makanan nih. Aromanya yang harum dan khas bakal bikin kamu cinta dengan peterseli.

5. Paprika

Paprika seringkali menarik perhatian dengan warnanya yang menarik ya. Namun kamu tahu nggak sih, paprika merah dan kuning mengandung beta karoten cukup tinggi. Paprika juga mengandung vitamin C, vitamin K1, vitamin E, folat, dan kalium.

Di dalam paprika juga terdapat banyak antioksidan sehat seperti capsanthin, violaxanthin, lutein, quercetin, dan luteolin. Kandungan baik ini dapat menjaga kesehatanmu dari ancaman berbagai penyakit.

Bunda Wajib Simak! Ini Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Sakit Perut pada Balita

Selain Enak, Bluberi Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan. Simak ya!

Ketahui! Ini Vitamin yang Dibutuhkan oleh Pasien Covid-19

TAG
Abdul Fattah
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US