The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata Serat dan Yoghurt Bantu Turunkan Risiko Terkena Kanker Paru
Ilustrasi/Pexels
Health

Ternyata Serat dan Yoghurt Bantu Turunkan Risiko Terkena Kanker Paru

Sabtu, 23 November 2019 13:53 WIB 23 November 2019, 13:53 WIB

INDOZONE.ID - Berdasarkan sebuah studi dalam jurnal JAMA Oncology, orang yang makan lebih banyak serat dan yoghurt mungkin lebih kecil terserang kanker paru-paru dibandingkan mereka yang tidak banyak mengonsumsi makanan ini.

Dalam studi tersebut peneliti menemukan, bahwa mereka yang mengkonsumsi yoghurt 19 persen lebih kecil kemungkinannya terkena kanker paru-paru, ketimbang yang tidak mengonsumsinya.

Selain itu, orang-orang yang memiliki serat paling banyak dalam diet mereka, 17 persen lebih kecil terserang kanker paru-paru dibandingkan mereka yang makan paling sedikit serat.

Mereka yang asupan serat dan yogurtnya tertinggi sebanyak 33 persen lebih rendah terkena kanker paru.

"Studi kami menunjukkan potensi manfaat kesehatan peningkatan asupan serat dan yogurt dalam pencegahan kanker paru-paru," kata penulis penelitian Dr. Xiao-Ou Shu dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee seperti dilansir Channel News Asia.

Hal ini karena kedua jenis makanan tersebut bisa mengubah mikrobiota usus bakteri yang hidup di saluran pencernaan, yang membantu melindungi terhadap kanker.

Serat dan yogurt dapat membantu melindungi terhadap peradangan, yang pada gilirannya membantu mengurangi potensi tumor untuk berkembang.

Banyak penelitian yang menghubungkan mikrobiota usus dengan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
Fitri

Fitri

Reporter
JOIN US
JOIN US