The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Rasa Sakit Sariawan Tak Tertahankan? Ini Cara Mudah Mengatasinya, Langsung dari Pakar!
Sariawan (Alodokter)
Health

Rasa Sakit Sariawan Tak Tertahankan? Ini Cara Mudah Mengatasinya, Langsung dari Pakar!

Rabu, 28 Oktober 2020 11:39 WIB 28 Oktober 2020, 11:39 WIB

INDOZONE.ID - Sariawan adalah peradangan yang terjadi di dalam rongga mulut dan belum diketahui penyebabnya secara jelas. Namun, umumnya sariawan disebabkan oleh stress, alergi makanan, mulut kering, hingga infeksi virus.

Secara umum, sariawan terbagi tiga yakni minor, mayor, dan herpetiform. Yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah sariawan minor dengan ukuran yang tidak sampai 1 cm dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Namun, rasa sakit yang dialami saat menderita sariawan terkadang tidak tertahankan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat makan.

Lalu, bagaimanakah cara mengatasi atau mengobati sariawan? Dokter Vivi Herlianty Mamonto membagikan tips mengatasi sariawan lewat video tik Toknya.

Wanita yang juga ahli akupuntur ini menjelaskan bahwa saat kamu terkena sariawan, obatilah dengan larutan antiseptik seperti povidone iodine 1%, benzydamine HCL, dequalinium CI, dan vitamin C.

Selain itu, penderita sariawan harus tetap menggosok gigi dua kali sehari untuk menjaga kesehatan mulutnya. 
Penderita juga disarankan tidak mengonsumsi makanan seperti kacang, keripik, atau makanan pedas yang bisa mengiritasi mulut.

Agar tidak mengenai luka sariawan saat makan, kunyahlah makanan secara perlahan dan perbanyak minum air putih. Kelola juga stress agar sariawan lebih cepat sembuh.

Yang terakhir, dokter Vivi menambahkan hindari merokok agar penyembuhan sariawan lebih cepat.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US