Waspada, Dampak Psikologis Ini Bisa Mengintai Para Kaum Rebahan
Ilustrasi kaum rebahan. (AMBISTA)
Health

Waspada, Dampak Psikologis Ini Bisa Mengintai Para Kaum Rebahan

Lebih produktif lagi.

Rabu, 26 Februari 2020 13:55 WIB 26 Februari 2020, 13:55 WIB

INDOZONE.ID - Kaum rebahan adalah istilah yang digunakan oleh netizen, terutama para pengguna jejaring sosial Twitter kepada seseorang yang tidak memiliki aktivitas apapun selain berbaring di atas tempat tidur dan berselancar di media sosial.

Tak ada yang salah jika kamu menggunakan hari libur atau waktu istirahat dengan sekadar berbaring dan bermain media sosial untuk melepas penat. Akan tetapi, dampaknya akan sangat berbeda jika hal tersebut kamu lakukan setiap hari atau bahkan setiap waktu. 

Jika kamu adalah salah satu bagian dari kaum rebahan yang tak kenal waktu, kamu harus mulai waspada dengan dampak psikologis yang mungkin saja bisa terjadi, ya. Apa saja?

1. Kondisi Fisik dan Mental Mudah Lelah

kaum rebahan
Ilustrasi fisik dan mental mudah lelah. (HEALTHLINE)

Terlalu sering berdiam diri tanpa melakukan aktivitas lain akan membuat kondisi fisik dan mentalmu mudah lelah. Kondisi tubuh selalu menyesuaikan diri dengan kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan.

Jika kamu terbiasa melakukan banyak hal, tubuhmu akan selalu bugar. Namun, jika kamu tidak terbiasa melakukan aktivitas fisik, kamu akan mudah kelelahan saat harus bergerak. Selain itu, jika terlalu sering berada di dalam ruangan kamu akan kekurangan oksigen, sehingga mudah sekali mengantuk meskipun sudah tidur dengan waktu yang cukup.

2. Mudah Merasa Stres

kaum rebahan
Ilustrasi stres. (Freepik)

Melakukan aktivitas yang sama dan berulang setiap harinya bisa membuatmu merasa jenuh hingga memicu stres dan depresi. Apalagi aktivitas yang kamu lakukan hanya berdiam diri di atas tempat tidur. Padahal di luar sana banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan. Hidupmu tidak melulu hanya di dalam kamar dan bermedia sosial saja.

Terlalu banyak rebahan juga mengurangi ruang gerakmu, sehingga kamu tidak bisa menemukan hal-hal lain yang dapat memicu hormon yang mampu membuat hidupmu menjadi lebih positif. Padahal dengan tidak adanya hormon ini di dalam tubuh, seseorang akan sangat rentan merasakan stres dan depresi.

3. Kesepian yang Berkepanjangan

kaum rebahan
Ilustrasi kesepian. (HEALTHLINE)

Kaum rebahan biasanya akan asyik dengan dunianya sendiri dan seringkali menolak ajakan teman atau keluarga untuk pergi keluar. Kalau kamu sudah terbiasa menolak ajakan dari orang-orang terdekatmu, kamu akan dianggap berubah menjadi makhluk anti sosial

Awalnya mereka masih akan mencoba mengajakmu untuk pergi, tapi jika terus menerus ditolak, mereka akan bosan dan mengabaikanmu. Padahal kamu masih membutuhkan mereka karena kamu tidak akan bisa hidup sendiri. Suatu saat nanti, kamu akan merasakan kesepian dan hal ini akan berdampak buruk terhadap kondisi psikologismu.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Mauliyana Puspa Adityasari
Dita Rana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU